Sebarkan berita ini:

11-Korek 1SEMARANG[SemarangPedia] – Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Jawa Tengah memusnahkan ribuan korek api gas Tokai palsu, menyusul adanya laporan pemalsuan korek api  yang diproduksi TBI.

Pemusnahan dilakukan di sebuah tempat di Jln Sumurboto, Tembalang, Semarang, Rabu (11/5) dengan dilindas alat berat, bahkan untuk mencegah timbulnya api selama pemusnahan, petugas menyiramkan air.

Korek api itu, merupakan hasil sitaan direktorat reserse Kriminal Khusus Polda Jateng dari seseorang berinisial TBI warga Jln Taman Flamboyan Perum Kekancan Mukti Kota Semarang.

Pengungkapan berawal dari kasus tersebut terjadi pada akhir 2014 dan pada 1 Desember 2015, pihak korban dalam hal ini PT Tokai Dharma Indonesia melaporkan TBI ke Polda Jawa Tengah.

Menurut Kasubdit Industri Perdagangan Ditreskrimsus Polda Jateng, AKBP Juli Agung, terlapor berinisial TBI, baru satu tahun mengimpor seluruh korek api Tokai palsu dari China. Korek tersebut diselundupkan dengan mengunakan kapal laut melalui pelabuhan.

“Ini merupakan delik aduan murni, selanjutnya kita lakukan penindakan,  Dari pengadu kita kembalikan pada mereka (pelapor). Ketika ada kesepakatan/negosiasi kedua belah pihak, kami ikuti, “, ujarnya, selepas pemusnahan korek api palsu itu.

Sementara itu, Purnomo Suryomurcito, selaku pelapor dan kuasa hukum PT Tokai Dharma Indonesia mengapresiasi kerja Ditreskrimsus Polda Jawa Tengah atas pengungkapan kasus ini.

“Adanya pemalsuan korekTtokai, perusahaan rugi baik material dan imaterial karena nama perusahaan tercoreng, karena korek Tokai palsu cenderung tidak aman dan mudah meledak dibanding yang asli”, tuturnya

Hingga saat ini, lanjutnya, sebanyak 62.500 korek api Tokai palsu, computer, satu unit mobil box dan satu unit truk sudah disita aparat kepolisian.

Penyebaran korek palsu masih di wilayah Jawa Tengah, meliputi Kabupaten Temanggung, Wonosobo hingga DIY. Namun, tidak menutup kemungkinan juga beredar di wilayah lain.(HN/RS)

186
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>