Sebarkan berita ini:

4-demo1SEMARANG[SemarangPedia] – Ribuan umat Islam dari sejumlah organisasi masyarakat (ormas) Islam dari berbagai daerah di Jateng menggelar aksi unjukrasa di depan Mapolda Jawa Tengah Jalan Pahlawan, Semarang, Jumat siang. (4/11)

Mereka mendesak kepolisian agar segera memproses secara hukum calon petahana gubernur DKI, Basuki Tjahja Purnama alias  Ahok yang ucapannya dinilai menista agama Islam.

Aksi yang dimulai usai salat Jumat berawal dari Masjid Biturahman Semarang kawasan Simpanglima menuju Mapolda Jateng yang jaraknya sekitar dua kilometer. Dalam aksinya ribuan pengunjukrasa membawa spanduk yang bertuliskan Proses secara hukum Ahok dan sesekali menggemakan  Allahu Akbar.

Mereka mendapat pengawalan secara ketat dari aparat kepolisian yang sejak pagi telah disiagakan di sepanjang jalan Pahlawan hingga kawasan Simpanglima.

Sesampai di depan Mapolda pengunjukrasa melakukan orasi mendesak kepolisian segera memproses Ahok karena penistaan agama.

Menurut koordinator aksi Mursalin Ishak, Gubernur DKI nonaktif Basuki Tjahaya Purnama  secara jelas dan sengaja telah mengganggu kemajemukan bangsa yaitu kehidupan beragama terkait penyataannya Surat Al Maidah 51.

“Untuk itu, kami mendesak kepolisian negara harus memproses hukum kepada Ahok secara adil transparan kepada publik/masyarakat Indonesia,” ujarnya.

Di depan Mapolda tersebut, ratusan petugas kepolisian disiagakan dan puluhan petugas Polwan juga terlihat ikut melakukan pengamanan tepat di depan pintu gerbang Mapolda Jawa Tengah.

4-demo2Setelah melakukan negosiasi dengan Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Abiyoso Seno Aji akhirnya mereka diizinkan melakukan orasi di depan Polda Jawa Tengah setelah mendapatkan jaminan dari koordinator demo akan berjalan lancar.

“Janjinya mereka akan 10 menit dan setelah itu akan meninggalkan lokasi dan tetap diperbolehkan dan saya sendiri yang akan menerima penyampaian dari kawan-kawan,” tuturnya.

Jika tetap bertahan lebih dari 10 menit, Abiyoso mengatakan sepanjang penyampaian aspirasi dengan tertib akan diberikan pengawalan.

Ribuan massa pendemo pengusutan penistaan agama oleh Ahok sebelumnya melakukan long march dari Masjid Baiturahman Semarang menuju Kantor Gubernuran yang diikuti berbagai ormas, mahasiswa dan masih banyak lagi.

Sejumlah Ormas Islam itu, setelah melakukan orasinya akhirnya perwakilan dari pihak Polda Jawa Tengah menemui para pengunjukrasa.

Selang beberapa saat, para pengunjukrasa membubarkan diri dan kembali ke Masjid Baiturahman Simpanglima Semarang. (RS)

91
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>