Sebarkan berita ini:

BANDUNG[SemarangPedia] – Berprestasi di masa pandemi. Tapi tak menjadi lupa diri. Ini tampak dari sosok Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, yang baru saja meraih penghargaan sebagai The Inspiring Leader dalam CNBC Indonesia Award 2020.

Kang Emil, sapaan Ridwan Kamil, tetap merendah. Menurutnya, dia hanya satu dari jutaan orang yang menggerakkan semua yang terjadi.

“Maka itu, saya dedikasikan ini untuk seluruh ASN Pemda Provinsi Jabar dan masyarakat Jabar”, ujarnya dalam sambutan penerimaan piala penghargaan secara simbolis via konferensi video di Command Center Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jumat (23/10).

Kang Emil dalam memimpin Provinsi Jawa Barat tidak mengejar penghargaan dan pujian. Namun perolehan penghargaan CNBC Indonesia Award merupakan tolok ukur keberhasilan invovasi.

Tentu dia mengapresiasi dan berterima kasih, atas apa yang diberikan. Sebagai tolok ukur inovasi dan kebijakan yang telah diambil, memberi solusi nyata pada setiap persoalan yang ada.

“Paling penting itu manfaatnya bisa dirasakan langsung oleh masyarakat,” ujarnya.

Kang Emil dinilai mampu menginspirasi, menyerap aspirasi masyarakat dan menyampaikan kebijakan dengan baik melalui sejumlah program serta layanan.

Saat penyerahan penghargaan CNBC Indonesia Award, Kang Emil memaparkan sejumlah capaian positif Jabar di sektor ekonomi.

Semester pertama 2020, Jabar menempati peringkat pertama realisasi investasi Penanaman Modal Asing (PMA) dan Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) dengan total nilai sebesar Rp57,9 triliun.

Ekspor Provinsi Jabar juga terus membaik di masa pandemi Covid-19. Saat ini, ekspor Jabar menjadi yang tertinggi di Indonesia.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) periode Januari hingga Agustus 2020, Jabar menyumbang 16,28 persen atau senilai US$16,79 miliar terhadap ekspor nasional, disusul Jawa Timur sebesar 12,95 persen dan Kalimantan Timur sebesar 8,44 persen.

Kang Emil mengatakan pihaknya menempuh empat upaya untuk terus menggerakkan perekonomian Jabar hingga akhir tahun ini.

Pertama, meningkatkan investasi. Kedua, memperluas pasar ekspor. Ketiga, memperkuat daya beli masyarakat. Keempat, memaksimalkan belanja pemerintah.

CNBC Indonesia Award adalah program penghargaan yang diberikan kepada kepala daerah dan Bank Pembangunan Daerah berprestasi.(RS)

23
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>