Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Ristavo Student Company – Sekolah Menengah Atas (SMA) Negeri 5 Semarang mendapat penghargaan dari Lembaga Prestasi Indonesia Dunia (LEPRID) atas prestasinya berhasil membuat produk Helm Berpanel Surya yang pertama di Indonesia.

Ristavo Student Company, sebagai perusahaan rintisan siswa SMA N 5 Semarang yang didukung oleh Citibank melalui Prestasi Junior Indonesia (PJI).

Ketua Umum Leprid Paulus Pangka SH mengatakan penghargaan ini merupakan rekor yang ke -572 yang diberikan kepada lembaga pendidikan, perusahaan swasta, instansi maupun persorangan, termasuk SMA Negeri 5 Semarang melalui Ristavo Student Company atas prestasi dengan inovasi memproduksi Helm Berpanel Surya.

“Oleh karena itu kami dari Leprid sangat mengapresiasi prestasi SMA Negeri 5 sebagai sekolah yang kreatif penuh invonasi dengan menciptakan produk yang bermanfaat ,” ujarnya seusai memberikan penghargaan berupa Piagam Prestasi Leprid, Senin (9/3).

Menurutnya, dengan inovasi itu, diharapkan sekolah lainnya akan dapat terdorong untuk mengikuti kreatifitasnya serta menciptakan inovasi terbaru yang dapat bermanfaat bagi kalangan masyarakat.

Dengan demikian, lanjutnya, Leprid akan ikut membantu Helm Berpanel Surya produk Ristavo Student Company –SMA N 5 Semarang untuk mendapat hak patent dari Haki, sebagai upaya agar produk hasil karyanya itu tidak diklaim oleh pihak lain.

Sementara itu, Dr Titi Priyatiningsih selaku Pembina Ristavo Student Company SMA N  5 Semarang menuturkan Ristavo Student Company merupakan bagian dari program edukasi ‘Youth Ecopreneurship Initiative’ yang digagas oleh PJI bersama Citi Indonesia serta didukung pendanaan dari Citi Foundation

Menurutnya, Ristavo Student Company itu merupakan terobosan yang dihasilkan melalui pelajaran kewirausahaan yang telah dirintis sejak 3 tahun lalu dan kini telah membuahkan hasil yang menggembirakan dengan memproduksi helm cangggih berpanel surya, dari sebelumnya juga pernah menciptakan pewarna dari bahan baku batik yang terbuat dari tanaman mangrove.

Dengan hasil menelorkan Ristavo Student Company – perusahaan ini berhasil menciptakan produksi hemat energy listrik, berupa Helm Berpanel Surya. Helm pelindung kepala yang dilengkapi dengan panel surya, sehingga bisa menyimpan energi listrik, dan helm ini bisa menjadi power bank, untuk mengecas HP dan sejenisnya.

Ide produk ini, dia menambahkan berangkat dari kesadaran para siswa bahwa penggunaan listrik untuk mengisi ulang batere handphone (HP) saat mereka di sekolah, menghabiskan beban listrik yang tak sedikit.

Helm Berpanel Surya

Selain itu, lanjutnya, inovasi produk dengan memilih helm berpanel surya itu, karena kondisi alam, Indonesia sebagai negara tropis dimana cahaya matahari yang bersinar sepanjang tahun ini sangat mendukung.

Bahkan, tutur Titi, produk itu juga sebagai upaya untuk mengurangi penggunaan energi listrik yang selama ini masih banyak digunakan masyarakat, termasuk pelajar, mahasiswa dan para driver Ojek Online (Ojol).

“Helm berpanel surya ini selain tahan panas dan hujan juga tidak memiliki dampak radiasi dan nyaman dipakai dan yang sudah memenuhi standar SNI,” tutur Titi.

Kepala Sekolah SMA N 5 Semarang Dr Siswanto M.Pd menyampaikan terima kasih kepada Leprid dan pihak lain yang telah memberikan apresiasi dan dukungannya kepada  Ristavo Student Company SMA N 5 Semarang.

“Penghargaan tersebut menjadi motivasi para pelajar agar lebih baik dan lebih kreatif untuk dapat menciptakan produk-produk lain yang bermanfaat bagi masyarakat.

Bahkan, tutur Siswanto, penghargaan tersebut akan semakin mendorong semangat para pelajar untuk terus melakukan inovasi-inovasi terbaru. Kreatifitas dalam setiap sekolah akan terus digalakkan. (RS)

95
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>