Sebarkan berita ini:

27-raperda-industriSEMARANG[SemarangPedia] –  Pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Pembangunan Industri Provinsi (RPIP) Jateng akan berisi mengenai pemetaan potensi unggulan bidang industri di setiap daerah, yang diharapkan dapat menarik investor untuk berinvestasi di berbagai daerah di provinsi itu.

Komisi B DPRD Jawa Tengah Ferry Firmawan mengatakan pemetaan potensi daerah perlu dimasukan dalam draft Raperda RPIP Jateng.

Selain itu, lanjutnya, dalam RPIP ini juga memasukan mengenai kepastian dan kenyamanan dalam berinvestasi di daerah.

“Melalui RPIP ini investor akan mendapat jaminan keamanan dan kenyamanan selama investasi berlangsung, mereka juga harus mendapat jaminan perijinan tidak terkendala. Bahkan hingga kepastian bahan baku, raw material dan lain sebagainya,” ujarnya, di Semarang, Kamis. (27/10)

Dalam Raperda RPIP, dia menambahkan kepastian dan kenyamanan investasi tidak hanya kepada investor atau kalangan industri,  tetapi juga pada pengambil kebijakan dan semua stakeholder.

“Kan ada Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) di tingkatan provinsi dan kabupaten kota. Misalnya, dalam penentuan lahan industri itu juga akan terintegrasi dalam perda ini,” tuturnya.

Ferry menuturkan dalam Raperda RPIP tidak boleh berorientasi pada profit Pendapatan Asli Daerah (PAD). Namun, lebih dari itu harus berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

“Jadi harus mengakomodir semua pihak termasuk industri kecil menengah (IKM). Beberapa waktu lalu saat kunjungan kerja di Riau kami ambil pelajaran dimana channel industri besar ke IKM minim sekali. Raperda ini masih pembahasan, maka harus dibuat mengakomodir IKM, harus naik kelas, harus di upgrade ketika nanti ada kawasan industri,” ujarnya. (RS)

121
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>