Sebarkan berita ini:

8-BPPJSSEMARANG[SemarangPedia]- Kartu Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS)  palsu yang belakangan semakin semarak beredar di sejumlah daerah, mengakibatkan Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Semarang mulai berupaya mengantisipasi untuk pencegahan.

Langkah antisipasi di antaranya dengan melakukan validasi data di pendaftaran awal pengguna kartu BPJS, memverifikasi ulang data yang telah masuk di RSUD Kota Semarang dan mencermati setiap pasien yang akan mengaplikasikan kartu BPJS kesehatan

Selain itu, setiap petugas di RSUD Kota Semarang  juga diinstruksikan untuk lebih teliti dan sigap jika mendapati adanya warga atau pasien dengan kartu BPJS palsu.

Beredarnya kartu BPJS Kesehatan palsu tentunya membuat sebagian pengguna kartu tersebut resah, namun, lain halnya dengan Marni salah satu pengguna Kartu BPJS.

Dia mengatakan telah mengunakan kartu BPJS selama lima bulan dan tidak ada permsal;ahan yang serius.

“Ketika adanya pemalsuan saya tidak resah, Karena kartu BPJS yang saya gunakan dikeluarkan langsung oleh Pemerintah,” ujarnya, Senin. (8/8)

Menurutnya, dengan membuat kartu dilakukan melalui Rukun Tetangga (RT) setempat dikumpulkan kemudian diajukan langsung ke kantor BPJS.

8-BPPJS1“Saya buat dikoordinir melalui RT dan tidak ada biaya sepeserpun”, tuturnya.

Namun, untuk mencegah peredaran kartu BPJS palsu di wilayah Kota Semarang, pihak RSUD Kota Semarang akan memperketat input data, dan memperketat verifikasi di pendaftaran awal, bagi pengguna kartu BPJS di rumah sakit tersebut.

“Kita verifikasi dipendaftaran lebih cermat lagi dengan mencocokan kartu identitas dan KTP dan Kartu Keluarga (KK), untuk kartu BPJS palsu tidak akan masuk ke data base,”, ujar Susi Herawati, Direktur RSUD Kota Semarang.

Banyak ditemukannya kartu BPJS Kesehatan palsu di beberapa daerah di Indonesia, membuat resah dan khawatir masyarakat pengguna kartu tersebut. Mereka menginkan sehat atau berobat dengan biaya murah, justru nasib malang yang didapat lantaran memakai kartu BPJS palsu.

Pihak rumah sakit menghimbau kepada masyarakat maupun pasien yang akan mengurus pembuatan kartu BPJS Kesehatan pada kantor BPJS yang resmi dan tidak melalui calo atau perantara. (HN/RS)

 

130
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>