Sebarkan berita ini:

Processed with VSCO

SEMARANG[SemarangPedia] – Rujak yang berbahan olahan dari beragam jenis buah yang dicampur dengan bumbu kental bersa manis masam maupun pedas, memang sangat nikmat disantap.

Tidak sekadar nikmat , rujak buah juga memiliki beragam kandungan vitamin dan gizi yang sangat bagus bagi yang sedang melakukan diet.

Pas sekali rasanya bagi anda pengemar rujak buah dan sekaligus lagi berdiet atupun mengidam, maka pastikan menjajal Rujak Marem Pak Man yang berada di Jalan Karang Anyar No.11 di dekat SMA Loyola Semarang.

Mengapa harus mampir dan menjajal Rujak Marem Pak Man? Terkadang banyak dijumpai penjaja rujak yang menyajikan olahan bumbu rujak instan hanya sebatas rasa manis mapun pedas dan cenderung hambar.

Beda cerita rasa Rujak Marem Pak Man. Pak Man yang sudah berjualan rujak sejak 1960 ini meracik langsung bumbu special rujaknya ditempat sehingga membuat cita rasanya begitu terasa.

“Pada 1963 sempat berjualan di Jakarta kemudian pindah ke Semarang dengan berjualan keliling dari kampung kekampung di Wot Gandul, Gang Waru, Kebon Dalem, setelah mendapat banyak pelanggan, kemudian diputuskan 2001 mulai membuka kedai sederhana hingga sekarang ini,” tutur Tugiman pemilk Warung rujak itu kepada semarangpedia.com

Processed with VSCO

Menurut Tugiman yang lebih dikenal dengan panggilan Pak Man, sajian rujak  spesial beraneka ragam di antaranya rujak gobet (serutan buah panjang-panjang), rujak potong, rucak cacah dan rujak serut pasah (sertutan buah tipis).

Spesial bumbu rujak Pak Man dengan bumbu lainya itu, terlihat dari bahan olahan bumbu rujaknya. Pak Man menggunakan pisang batu lengkap dengan kulitnya dicampur dengan kacang tanah, terasi, air asem Jawa, dan gula Jawa yang semua diulek menjadi kental.

“Memang sengaja diracik ditempat agar bisa disesuaikan dengan selera pembeli mau rujak pedas, asam, manis, pakai bumbu kacang maupun tidak memakai bumbu juga bisa,” ujarnya.

Pak Man tidak sendiri meracik bumbu rujaknya, namun dibantu kedua anaknya, Sanjaya dan Eri berserta kakak ipar, Sri Rejeki. Rujak buah siap dihidangkan dengan cepat.

Kelihaian Sanjaya, anak kesembilan Pak Man dalam mengulek bumbu rujak dan kecepatan mengupas dan memotong buah yang dibantu Eri anak kelima Pak Man, membuat pembeli tidak perlu menunggu lama rujak yang dipesan segera tersaji.

“Biasanya pelanggan lama pasti minta Pak Man khusus untuk meracik rujaknya,” ujar Sanjaya

Sesuai namanya ‘ Rujak Marem Pak Man’ ini memang memiliki porsi yang cukup banyak. Selain itu, ketika semarangpedia.com mencicipi rujaknya, memang benar bumbu kacang yang berserat itu lumer di mulut ditambah dengan kombinasi buah segarnya membuat lidah bergoyang.

“Buah yang digunakan Pak Man di ambil dari Pasar Kanjengan dan buah segar,  setiap habis diganti untuk  kesegaran buahanya” tutur Sri Rejeki ipar dari Pak Man.

Processed with VSCO

Kedai yang buka setiap hari dari pukul 09.00 WIB-17.00 WIB , Sri menambahkan tidak pernah sepi pengunjung dari anak sekolah sampai pegawai kantoran menyambangi rujak pak Man

“Pernah bumbu rujak Pak Man di pesan salah satu alumni sekolah Loyola untuk dibawa  ke Hongkong,” ujarnya

Selain itu, Sanjaya menuturkan penyajian kacangnya sendiri dengan cara digoreng tanpa minyak dan teknik menguleg kacang tidak begitu halus agar tekstur kacangnya lebih terasa.

“Sejumlah artis juga sempat mampir seperti Julia Perez, Chacha Federica, Bondan, Bang Mali, Bang Mamang Ini Talkshow dan yang paling sering Chris John dan Irwan Hidayat  owner SidoMuncul memesan rujak cacah favoritnya,” tuturnya.

Hanya cukup mengeluarkan uang Rp15.000 rujak dengan porsi banyak siap disantap. Rujak Marem Pak Man juga buka cabang di kawasan Kampungkali Semarang. Bagi yang ingin memesannya  bisa hubungi 08995565571 dan 085740630884 Pak Man dengan senang hari melayani.

 

 

1.464
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>