Sebarkan berita ini:

18-Irwan2SEMARANG[SemarangPedia] – Manajemen PT SidoMuncul Tbk – sebuah perusahaan jamu dan farmasi akan dikendalikan Dirut baru hasil putusan dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) 2016, sebagai upaya untuk meningkatkan volume penjualan ekspor hingga akhir tahun ini mencapai 5% dari total penjualan.

Dirut Utama SidoMuncul Irwan Hidayat dalam putusan RUPS itu digantikan oleh Jonatha Sofyan yang sebelumnya menjabat sebagai direksi. Penggeseran jabatan kakak adik itu, untuk mengejar target penjualan ekspor produk perusahaan itu.

Irwan Hidayat yang bergeser menjadi Direktur bakal menangani marketing, khususnya ekspor, mengingat produk SidoMuncul sudah mendominasi pasar domestik.

Menurut Irwan, ekspansi bisnis perseroan tahun ini bakal fokus pada pasar ekspor dengan target penjualan 5% atau naik 3% dibandingkan tahun sebelumnya. Penjualan ekspor akan membidik potensi pasar Negara Filipina, karena negara tetangga ini bisa dijadikan distributor untuk produk SidoMuncul.

Dengan posisi barunya, dia optimis penjualan perusahaan yang berbasis di Desa Bergas, Kabupaten Semarang, Jateng itu bakal meningkat signifikan dan diharapkan total penjualan tahun ini bisa meroket hingga dua digit atau minimal 10%.

Optimisme itu, lanjutnya, didasarkan pada perekonomian Indonesia yang diprediksi semakin membaik.

“Yang jelas, eksekusi lebih cepat dan pengembangan inovasi produk terus kami lakukan setiap tahun. Untuk ekspor pasti akan dipacu terus,” ujarnya selepas RUPS 2016 di Semarang, Rabu (18/5).

Selain pasar ekspor, dia menambahkan penetrasi pasar domestik juga akan ditingkatkan hingga 100%, karena market dalam negeri kini sudah mencapai di posisi 95%.

Dia mengatakan penjualan produk jamu dan farmasi bukan merupakan komoditas utama atau kebutuhan pokok sehari-hari, sehingga peningkatan penjualan tidak bisa meroket seperti sembako yang menjadi kebutuhan masyarakat sehari-hari.

“Ini bukan jualan beras atau kebutuhan pokok lainnya. Kami juga melakukan edukasi kepada masyarakat terhadap manfaat produk SidoMuncul,” tuturnya.

Tiur Simamora, Corporate Secretary SidoMuncul mengatakan dalam RUPS juga diputuskan pembagian dividen tunai sebesar Rp25 per saham atau seluruhnya senilai Rp368,5 miliar yang merupakan 84% dari laba bersih perseroan untuk 2015.

 

622
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>