Sebarkan berita ini:

13-Swike1SEMARANG[Semarangpedia] – Kuliner yang satu ini memang punya penggemar fanatik yang cukup banyak dan sejak lama sudah dikenal sebagai masakan ala daerah Purwodadai. Menu Swike itulah sebanarnya sajian khas Tionghoa, yang dipadukan dengan nama Purwodadi sebagai daerah sentra penghasil kodok ijo (Hijau) terbesar di Jateng.

Meskipun khas Purwodadi, kuliner satu ini juga bisa ditemui di berbagai kota, termasuk di Kota Semarang yang kini bermunculan rumah makan yang manyajikan masakan Swike berbahan baku daging dan paha kodok itu.

Namun, ada salah satu warung makan Swike yang dikenal lezat dan setaip hari dipenuhi pengunjung. Warung makan Swike Ateri namanya lokasinya Di jalan Soekarno Hatta, tepatnya di dapan Pom Bensin Gajah Masjid Agung Jateng Kota Semarang.

Seperti umumnya olahan masakan Swike, ditempat itu olahan kodok dihidangkan dengan dikombinasi bumbu rempah seperti jahe, bawang putih, tauco, garam, dan lada. Dari olahan rempah tersebut mengahsilkan kuah khas Swike yang nikmat ditambah dengan taburan daun seledri dan bawang goreng sebagai pelengkap rasa.

13-Swike Arteri1Suparmi, penjaga warung Swike di jalan arteri (Sukarno-Hatta) ini menjelsakan ada beberapa menu yang disajikan dengan semua lezak yang dibumbuhi rempah.

“Warung kami menyajikan Swike kuah, Swike goreng, pepes kodok, pepes telor kuah tito, semua nya favorit pengunjung” ujarnya saat ditemui semarangpedia.com (13/7).

Warung swike yang buka setiap harinya pukul 10.00 WIB – 21.30 WIB ini selalu kebanjiran pengunjung apalagi menginjak jam makan siang. Berderet mobil dan motor berjajar rapi mengerumuni warungnya.

Menurutnya, untuk menikmatinya, tidak perlu merogoh kocek yang dalam. Soalnya harga yang di tawarkan terjangku. Untuk Swike kuah seporsi dibandrol Rp16.000 per porsi, Swike goreng Rp 21.000 per porsi, pepes kodok Rp9.000. Sedangkan pepes telor dan kuah tito nya dihargai Rp 3.500 dan Rp 19.000

Bagi penggemar kuliner khusunya Swike jangan sampai ketinggalan mencobalah  olahan Swike satu ini. Dijamin sekali coba, pasti bakalan nambah lagi. (RS)

 

4.268
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>