Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Perintah salat lima waktu menjadi salah satu hikmah penting dalam peristiwa Isra Miraj yang dialami Nabi Muhammad SAW, karena  bacaan salat yang terus diulang, akan meneguhkan ikrar umat muslim untuk menjadi hamba yang sholeh serta memberikan kebaikan bagi semua.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah Sri Puryono mengatakan menjalankan ibadah salat bukan sekadar menunaikan kewajiban saja.

Namun, menurutnya, mesti dilaksanakan dengan bersungguh-sungguh sehingga mampu menggugah dan membangkitkan nilai-nilai kebaikan, baik dalam pikiran, ucapan, maupun tindakan sehari-hari.

“Ini yang kemudian melahirkan jiwa yang selalu dekat kepada Allah, sehingga pada gilirannya kita akan malu untuk berbuat mungkar, dan selalu termotivasi untuk berbuat kebaikan. Tinggal kemudian bagaimana kita dapat melaksanakan salat dengan sebaik-baiknya,” ujarnya pada acara Peringatan Isra Miraj bertema Salat Membentuk Pribadi yang Bersih dan Jujur, di Ghradhika Bhakti Praja,Jalan pahlawan Semarang,  Selasa. (18/4)

Dalam peringatan Isra Miraj juga dihadirkan Ustadz Joko Zulianto untuk memberikan ceramahnya.

Menurut Ustadz Joko Zulianto, Salat pada hakekatnya dapat mencegah perbuatan keji dan munkar, asalkan dilaksanakan berdasarkan ilmunya.

“Banyak orang Salat tapi sregep fasik, dzalim, sregep suudzon, takabur, lan sak piturute. Niki mungkin salate, sarat rukune ora entuk, ora tumakninah, ora khusyuk, dadi atine ora bisa hadir ning Gusti Allah. Ditambah ora tepat waktu sisan. Oleh karena itu, perlu selalu muhasabah, mawas diri,” tuturnya.

Dia menambahkan pada hakekatnya, seluruh ibadah yang dilaksanakan umat muslim ada ilmunya. Mulai dari salat, zakat, hingga haji.

“Agar ibadah yang dilaksanakan menjadi berkah dan diterima Allah SWT, semua harus dilaksanakan berdasar ilmunya,” ujarnya. (RS)

101
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>