Sebarkan berita ini:

27-DawetSEMARANG[SemarangPedia] – Bagi penikmat kuliner kini bisa menemukan minuman khas di Kota Semarang, minuman es Dawet Merang  yang segar dan lezat. Pelacong dari berbagai kota pun jika melintasi kota pesisir ini bisa menyempatkan mampir mencobanya.

Dilihat dari tampilan sangat sederhana, namun mamapu menggugah selera, karena es Dawet Merang ini akan disajikan bersama es serut dan santan yang memiliki warna putih serta warna kuning yang merupakan potongan buah nangka,  sehingga tampilan minuman terlihat kontras dan menarik.

Menurut Dana Tjahjawantih(45) pemilik Dawet Merang, jika minuman buatannya tidak menggunakan bahan kimia, untuk warna hitam cendolnya didapat dari daun padi kering atau merang (oman) yang dibakar sampai menjadi abu, kemudian abu dicampur dengan air dan menghasilkan warna hitam.

“Proses pembuatannya sangat alami yaitu diolah dengan tangan dan tanpa menggunakan bahan pewarna kimia sedangkan cendolnya terbuat dari sagu atau tepung ketan hitam bukan dari tepung beras seperti cendol hijau biasa,” ujar ibu tiga anak itu.

Dia menuturkan karena proses pewarnaannya menggunakan abu merang itulah dawet buatan saya dinamakan Dawet Merang,

Saat ini Dawet merang produksinya sudah banyak dikenal oleh masyarakat di Kota Semarang, namun, untu penjualan tidak dilakukan dengan membuka kedai dawet merang, namun hanya dipasarkan melalu pesanan.

Menurutnya, Dawet Merang sengaja tidak dipasarkan dengan membuka kedai, tetapi hanya menerima pesanan baik untuk catering, rapat dan acara resepsi lainnya,

Bahkan, dia menambahkan pemasaran juga dilakukan dengan mengikuti berbagai stand pada pameran-pameran. Tapi jangan khawatir jika ada yang berminat mencoba Dawet Merang bisa menghubungi ke nomor HP 085100119677.

“Satu gelas Dawet Merang harganya Rp8.000, harga itu bisa menyesuaikan atau menurun jika pesanan dalam partai besar untuk keperluhan resepsi pesta atau acara sejenisnya,” tuturnya. (RS)

255
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>