Sebarkan berita ini:

19-demoSEMARANG[SemarangPedia] – Puluhan massa dari beberapa lembaga swadaya masyarakat (LSM) di Jawa Tengah melakukan aksi unjuk rasa di depan Gedung Berlian DPRD Jateng, Jalan Pahlawan Semarang, Rabu (19/10).

Dalam aksinya, mereka menuntut transparansi soal dugaan penjualan aset Pemprov Jateng berupa saham Tol Semarang-Solo yang dinilai telah menyalahi aturan yang berlaku.

Koordinator aksi unjukrasa  Budi Santoso mengatakan pihaknya menduga ada penjualan 25% saham jalan Tol Semarang-Solo ke PT Astartel Nusantara melalui PT SPJT senilai Rp 780.601.416.667.

Dengn demikian, lanjutnya, sejumlah LSM mendesak DPRD untuk menggunakan fungsinya terkait pengawasan atas lepasnya aset pemprov Jateng.

“Kami juga memberikan saran kepada anggota dewan sebagai wakil rakyat yang mempunyai fungsi legislasi, anggaran, dan pengawasan untuk bekerja secara tegas mengenai pelepasan aset milik pemprov. Perlu kajian mendalam, apakah menguntungkan atau merugikan, serta masalah kasda (Kas Daerah) yang disimpan diluar Bank Jateng pada 2014,” ujarnya.

Sesaat setelah melakukan aksi unjukrasa, akhirnya mereka diterima oleh Ketua Komisi C DPRD Jateng Asfirla Harisanto dan Anggota Komisi C Bambang Eko Purnomo, disertai jajaran Biro Keuangan Setda Jateng untuk memberikan penjelasan.

Menurut Asfirla, pihaknya telah mengetahui terkait penjualan saham tol melalui media beberapa waktu lalu. Ia menilai untuk menyelesaikan maslah tersebut cukup sulit karena harus melalui sejumlah prosedur.

“Mengenai penjualan saham tol itu, kami pihak dewan sudah mengetahui dahulu sebelum masyarakat dan kami tahu dari pihak media. Dalam penyelasaian itupun cukup sulit karena terkait dengan saham dan harus melewati beberapa prosedur yang harus dilalui,”  tuturnya.

Setelah melakukan dialog dengan perwakilan anggota dewan, para pengunjukrasa bersedia menerima saran dari anggota dewan dan  massa akhirnya pulang dan membubarkan diri dari Gedung Berlian. (RS)

 

157
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>