Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) di Jateng sepakat menandatangani kerja sama dengan Badan Pusat Statistik (BPS) Jateng untuk ikut  menyukseskan Sensus Penduduk 2020 (SP2020) mendatang.

Kepala BPS Jateng Sentot Bangun Widoyono mengatakan OPD yang meneken kerja sama pada Rapat Koordinasi Daerah Persiapan SP2020 di Sukoharjo di antaranya Dinas Kesehatan, Dinas Sosial, Dinas Kesehatan, Dinas Komunikasi dan Informatika, serta Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Jateng.

Komitmen bersama ini penting, lanjutnya, mengingat metode yang digunakan dalam SP2020 besok berbeda dibanding sensus penduduk yang dilakukan periode sebelumnya, yakni dengan metode kombinasi dan sistem sensus online.

“Progam ini sebagai konsolidasi antara BPS Jateng dengan pemerintah daerah terkait perubahan implementasi dan tantangan dalam pelaksanaan sensus mendatang,” ujarnya dalam siaran persnya, Senin (9/12).

Menurutnya, tolok ukur kesuksesan SP2020 tahun depan berada di dua titik terdiri pada saat sensus penduduk online (SPO) dan ketika sensus penduduk wawancara (SPW). SPO akan dilakukan mulai pertengahan Februari hingga akhir Maret 2020. Sedangkan SPW dilaksanakan setelah pasca itu.

“Pada saat SPO, diharapkan supaya jangan hanya berfokus pada upaya mendorong sebanyak mungkin partisipasi masyarakat, tetapi juga harus memikirkan strategi untuk menjaga kualitas isian SPO,” tuturnya.

Dengan demikian, dia menambahkan tahapan sosialisasi menjadi kunci kesuksesan SPO. Bahkan diharapkan saudara mulai memetakan, segmentasi mana yang memiliki potensi untuk merespon dengan baik.

Selain itu, tutur Sentot, perubahan metodologi SP2020 ini akan berdampak pada seluruh aspek, baik aspek teknis maupun non teknis, sehingga diperlukan koordinasi dan kolaborasi dalam proses persiapan, pencatatan lapangan, sekaligus menentukan mitigasi yang tepat. (RS)

 

4
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>