Sebarkan berita ini:

8-Bawaslu Kantort1SEMARANG[SemarangPedia] – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Jawa Tengah merasa prihatin dengan sikap sejumlah pemerintah daerah yang kurang mendukung pendanaan pengawasan Pilkada 2017.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antar Lembaga Bawaslu Jawa Tengah Teguh Purnomo mengatakan dana pengawasan pilkada di tujuh kabupaten/kota masih kurang memadai, hingga terkesan kurang mendukung aktivitas pengawasan Pilkada .

Menurutnya, dari total usulan dana pengawasan pilkada di tujuh kabupaten/kota senilai Rp67,508 miliar tercatat hanya teralisasi Rp36,320 miliar.

Bahkan, lanjutnya, dari tujuh kabupaten/kota itu, terdapat empat daerah alokasi anggaran dana pengawasan pilkada minim, kurang dari separuh anggaran yang diajukan Bawaslu Jateng.

Keempat daerah itu, terdiri  Kota Salatiga anggaran yang diajukan Rp3,021 miliar disetujui Rp1 miliar, Kabupaten Banjarnegara anggaran yang diajukan Rp10,288 miliar disetujui Rp3,9 miliar, Kabupaten Batang anggaran yang diajukan Rp8,82 miliar disetujui Rp2,5 miliar, dan Kabupaten Jepara anggaran yang diajukan Rp9,05 miliar disetujui Rp4,1 miliar.

“Bawaslu sudah mengajukan penambahan anggaran pengawasan pilkada di empat kabupaten/kota tersebut,” ujarnya, Rabu. (8/6)

Dia menuturkan untuk Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Batang, juga kurang mendukung pengadaan fasilitas kantor sekretariat untuk Panitia Pengawas (Panwas) Batang.

Menurutnya, sikap empat pemerintah kabupaten/kota yang kurang perhatian terhadap kebutuhan dana pengawasan pilkada dan pengadaan  fasilitas kantor panwas, dikhawatirkan dapat mengganggu legitimasi proses dan hasil pilkada.

”Bawaslu Jateng tidak mau ambil resiko, sehingga bisa jadi akan memerintahkan pengawas pilkada di empat kabupaten/kota tersebut menunda tahapan pilkada di daerah bersangkutan,” ujarnya.

 

58
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>