Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Sejumlah warga dari berbagai wilayah di Kota Semarang dan sekitarnya yang memiliki hasil buah durian unggulan lokal Durian, mulai berduyun-duyun iut mendaftarkan diri di Lomba Durian Unggul Festival Durian 2017 di Waduk Jatibarang 2017.

Sejak dibuka oleh panitia Jumat pagi ini (24/2) pukul 07.00 WIB hingga kini tercatat sudah terdapat 20 lebih partisipan yang melakukan registrasi.

Salah seorang partisipan yang turut mendaftar varietas unggula buahnya adalah Muhklisin. Warga Kebon Dalam Karang Malang Mijen ini mendaftarkan dua pohon buah durian.

“Kali ini saya membawa bibit buah unggul yakni Durian Maknyus dan Mentega,” ujarnya kepada semarangpedia.com, Jumat pagi.

Sementara Ketua Panitia Lomba Durian Unggul Ari Partria Wijanarko menuturkan sistem penilaian tidak melihat ukuran, namun kualitas buah durian dan rasanya.

“Sistematika penilian dilihat dari ukuran buah, warna daging buah, tekstur buah bentuk buah, ketebalan ukuran biji dan rasa,” ujarnya.

Kesemua penilaian tersebut, lanjutnya, dikategorikan lagi menjadi kriteria penilaian yang terbagi menjadi lima.

“Contoh saja di ketebalan daging parameter atau bobot nya 25 %, dengan kriteria tipis sedang dan tebal,” tuturnya.

Dalam Lomba Durian Unggul Festival Durian Waduk Jatibarang 2017 itu, para dewan juri yang terlibat di antaranya Obor Tani, Majalah Trubus, Dinas Pertanian Kota Semarang, Balai Pengawasan dan Sertifikasi Benih (BBSB) Provinsi Jawa Tengah dan Balai Penelitian Tanaman Pangan (BPTP) Provinsi Jawa Tengah. (RS)

290
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>