Sebarkan berita ini:

9-Gardu1SEMARANG[SemarangPedia] – Sejumlah area wilayah kota Semarang mengalami pemadaman listrik selama lima jam lebih dari waktu saur puasa pukul 03.00 WIB hingga kini. Pemadaman dipicu gardu induk travo berkekuatan 1-60 Mega Volt Ampere (MVA) di Kalisari meledak.

Humas Area Pengatur Distribusi PT PLN Jawa Tengah, Fathurokhman mengatakan terdapat tabung SF 6 yang jebol hingga menyebabkan pemadaman listrik di beberapa wilayah dan kini sedang diganti tabungnya. SF 6 itu jenis gas sulfur hexafluorida yang digunakan sebagai peredam busur api untuk sakelar Tegangan Menengah (saklar 20 kV)

Wilayah Semarang, lanjutnya, yang terkena pemadaman adalah Sampangan, Menoneh, Kelud, Bendanngisor, Stonen, dan Tumpang.

Menurutnya, upaya penormalan pasokan listrik sudah dilakukan sejak pukul 03.00 WIB dini hari dan kini tengah berlangsung perbaikan yang diharapkan secepat bisa selesai.

DiIa mengatakan pemadaman listrik ada 163 Ampere mengena wilayah di Sampangan, Menoreh, Kelud Raya, Bendanngisor, Stonen, dan Tumpang.

Petugas PLN yang kini masih melakukan perbaikan gardu induk diperkirakan selesai pukul 15.00 WIB. Beban listrik pun harus dialihkan ke travo lain. “Beberapa penyulang telah kami alihkan ke trafo lain. Karena kemampuan sistem, terpaksa masih ada 163 A yang belum dialihkan,” ujarnya, Kamis. (9/6)  (RS)

100
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>