Sebarkan berita ini:
Andi Nurcayho
Andi Nurcayho

SEMARANG[SemarangPedia] –  Belakangan ini senam zumba mulai menggandrungi kalangan masyarakat, termasuk paling terbanyak kaum urban, karena senam asal Kolombia ini memadukan gerakan aerobic dengan dance memang memiliki manfaat untuk menjaga kebuaran tubuh, sehingga banyak digemari.

Senam zumba pertama kali masuk Indonesia pada 2010 dan berkembang di seluruh wilayah, sehingga mengundang minat kalangan masyarakat dan mulai bermunculan sanggar – sanggar senam zumba di berbagai kawasan.

Sejak 2012 senam itu, sukses mengundang simpatik kalangan masyarakat penggemar senam, terutama di Kota Semarang hingga saat ini.

Pemilik sekaligus intruktur Senam, Sanggar Senam ANC Semarang, Andi Nurcayho menuturkan senam zumba bisa menjadi alternatif bagi kaum adam maupun khusunya kaum hawa untuk menurunkan berat badan sekaligus melangsingkan perut.

“Gerakan senam Zumba itu sangat dinamis yang dipadukan dengan iringan musik yang penuh dengan energi, bermanfaat sekali  melancarkan peredaran darah dan efektif membakar lemak atau kalori dalam tubuh,” ujar Dosen Ilmu Keolahragaan Universitas Semarang (USM) itu saat ditemui semarangpedia.com, di sanggarnya Jalan Karang Anyar No. 20, Gabahan, Semarang.

Dalam gerakan zumba, lanjut Andi sapaan akrab Andi Nurcayho, lebih menitik beratkan pada membentuk  bagian tubuh penting untuk kardio, ketahanan otot maupun tulang belakang, seperti perut, pinggang,  punggung, bokong, dan kaki bagian atas.

“Gerakan zumba bisa disesuaikan untuk pemula, mahir hingga lansia dan tentunya gerakan senam zumba dirancang mudah, sehingga sangat menyenangkan,” tutur pria berlisesni Zumba Instructor Network (ZIN).

Pria kelahiran Semarang 1982  ini menambahkan untuk bisa melatih dan memberikan intstrukur gerakan senam zumba kepada anggota maupun komunitas senam tidak sembarang orang bisa, perlu adanya lisensi resmi zumba institute di Miami

“Harus diketahui gerakan zumba selalu berkembang dan ada pembaharuan, karena saya basic awal dari Aerobic jadi cepat mengikuti pelatihan lisesni zumba hanya empat bulan pada 2013 lalu,” ujar Lulusan S II Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Semarang (USM) 2013. (RS)

336
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>