Sebarkan berita ini:

operasi patuh3SEMARANG [SemarangPedia] –  Tunggakan pajak kendaraan bermotor di wilayah Jawa Tengah  masih didomininasi dengan total keseluruhan mencapai senilai Rp1,4 trilun  dari akumulasi 2009 hingga 2016.

Kepala Dinas Pendapatan dan Pengelolaan Aset Daerah (DPPAD) Povinisi Jateng, Hendri Santoso mengatakan tunggakan pajak Rp1,4 triliun itu akumulasi mulai 2009-2016 dan pemilik kendaraan paling menonjol dibandingmobil,” ujarnya Selasa (31/5).

Menurutnya, tunggakan pajak pemilik sepeda motorrata-rata sebesar 30% per tahun, meski jumlah sepeda motor di Jateng kini mencapai 11 juta unit. DPPAD Jateng mengalami kesulitan untuk menagih penunggak pajak tersebut, karena sepeda motor tersebut banyak yang sudah tidak ada di Jateng.

Dia mengatakan sepeda motor milik penunggak pajak sebagian besar beralhih ke luar provinsi, seperti ke Kalimantan untuk transportasi masyarakat kawasan hutan sehingga sulit dilacak.

“Di samping itu sepeda motor sudah rusak dan hilang. Meski begitu pajak kendaraan setiap tahun tetap muncul sehingga dalam administarasi masuk sebagai tunggakan,” tuturnya.

DPPAD Jateng, lanjutnya, tengah berupaya untuk mengurangi beban akan mengajukan pengapusan tunggakan pajak senilai Rp1,4 triliun.

”Kami akan melakukan koordinasi dengan Inspektorat, Biro Keuangan, dan Biro Hukum Pemerintah Provinsi Jateng untuk mengapus tunggakan pajak dalam laporan keuangan,” ujarnya.

Dia menambahkan untuk mendongkrak pendapatan pajak kendaraan bermotor juga telah melakukan langkah dengan mendatangi wajib pajak dari rumah ke rumah. Pajak kendaraan bermotor selama ini masih menjadi penyumbang paling besar pendapatan asli daerah [PAD],

Anggota Komisi C DPRD Jateng, Yahya Handoko mengatakan DPPAD agar tidak lagi mengandalkan pajak kendaraan bermotor untuk meningaktkan PAD, namun bisa menggarap aset tanah dan bangunan milik Pemerintah Provinsi Jateng yang belum dioptimalkan.

 

117
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>