Sebarkan berita ini:

27-kartunisSEMARANG[SemarangPedia] – Kota Semarang akan menjadi tuan rumah penyelenggaraan pameran kartunis internasional “SECAC International Cartoon Exhibition (SICE) 2016” dan  kartunis dari 60 negara dipastikan bakal ikut berpartisipasi memamerkan karyanya.

Pameran kartunis akbar itu akan digelar di Wisma Perdamaian, Kota Semarang pada 22-24 Oktober 2016 dan dibuka untuk umum.

Abdul Arif, Sekretaris SICE 2016 mengatakan dipilihnya Kota Semarang sebagai tuan rumah, karena selain Semarang memiliki sejarah kuat penyelenggaraan pameran kartun dan menjadi julukan ibukota kartun Indonesia, serta memiliki kartunis terbanyak di antara daerah lain.

“SECAC, organisasi kartun terbesar di Indonesia telah beberapa kali mengadakan pameran dan lomba kartun terutama di Semarang. Pada 1988 pernah menggelar pameran Kartun Internasional bertajuk “Canda Laga Manca Negara” dan pada 1991 menggelar pameran kartun terpanjang di dunia,” ujarnya kepada semarangpedia.com.

Dalam proses penerimaan data masuk, lanjutnya, hingga Selasa 27 September 2016, panitia sudah menerima sebanyak 600 karya kartunis dari dalam negeri maupun mancanegara yang akan berpartisipasi.

“Jadi sistem pengirimanya, setiap kartunis mengirim maksimal tiga karya, kemudian karya yang masuk akan diseleksi oleh pihak panita, dimana akan dipilih minimal satu dari setiap kartunis untuk dipamerkan,” tuturnya.

Arif sapaan akrab Abdul Arif menuturkan kartunis dari Indonesia yang akan berpartisipasi dalam pameran tersebut di antaranya lain, Jitet Koestana (mantan kartunis kompas, peraih penghargaan internasional terbanyak), Slamet Widodo (Ketua Panitia SICE 2016) Koesnan Hoesie (Semarang), Yehana SR (Magelang), Djoko Susilo (Kendal), Leak Koestiya (Surabaya), GM Sudharta (Klaten) dan Hendriqus David Arie (Jakarta)

“Selain di pamerkan di Wisma Perdamaian, sesuai rencana karya kartunis top juga akan dipamerakan di Gedung Lawang Sewu dan Simpang Lima yang diharapkan bisa menghidupkan kembali gairah kartun di Kota Semarang,” ujarnya

 

Dia memprediksikan jumlah karya yang masuk melalui secacexhibition@gmail.com masih akan terus bertambah, mengingat batas akhir pengiriman hingga 16 Oktober 2016. (RS)

128
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>