Sebarkan berita ini:

4-Irwan Aku12SEMARANG[SemarangPedia] – Aktivitas sosial manajemen PT SidoMuncul Tbk terus dilakukan untuk mendukung progam pemerintah maupun membantu masyarakat luas, setelah kegiatan positif  dengan menggelar operasi katarak gratis, mudik bareng gratis, mengangkat obyek wisata daerah, kini akan ikut mengatasi limbah plastik.

Direktur Marketing PT SidoMuncul Irwan Hidayat kembali mempelopori kegiatan positif dengan ikut mengatasi masalah limbah plastik di Indonesia, karena keprihatinan melihat limbah plastik yang tersebar semakin parah

“Hampir setiap hari Indonesia memiliki 200.000 ton sampah yang mengancam dapat merusak lingkungan dan 30.000 ton di antaranya adalah limbah plastik, bahkan yang dimanfaatkan oleh ribuan pemulung hanya  10.000 ton sampah plastik,” ujarnya kepada SemarangPedia.com, di Semarang. Sabtu. (4/6)

Menurutnya, sisa sampah plastik yang tidak didaur ulang atau dimanfaatkan kembali akan berdampak pada lingkungan. Tidak hanya menimbulkan penyakit dan penyebab banjir, tetapi juga bercampur dengan limbah rumah tangga.

Irwan Hidayat yang juga sebagai salah satu pemilik perusahaan jamu yang berbasis di Desa Bergas, Klepu, Kabupaten Semarang itu, berpendapat nilai limbah plastik mencapai miliaran rupiah, bahkan secara matematis jika menghitung nilai sampah plastik sebenarnya memiliki potensi sangat besar, bila dikelola secara baik.

“Limbah plastik yang jumlahnya besar sebanyak 30.000 ton itu jika dikelola baik nilainya bisa mencapai sebesar Rp 600 miliar lebih, sehingga sebulan saja bisa triliunan rupiah uang dari hasil sampah,” tuturnya.

Menurutnya, sebagai pionir perusahaan jamu, SidoMuncul berkomitmen akan memberikan kontribusi untuk memerangi sampah di Indonesia, sekaligus membantu progam pemerintah mengatasi limbah plastik yang belakangan ini penyebarannya semakin parah.

4-Irwan12Dia menuturkan upaya itu akan dilakukan dengan menggandeng vokalis band Kotak, Tantri Syalindri Ichlasari atau Tantri, sebagai bintang iklan produk jamu Tolak Linu dengan pengambilan iklan Tantri membangun kampanye tolak kantong plastik.

“Limbah Plastik itu bisa disulap menjadi emas, jika dikelola secara baik dengan memberikan keuntungan cukup besar. Dengan demikian, Iklan Tantri diharapkan dapat untuk mengajari masyarakat memilah sampah mulai dari rumah,” ujar.

Irwan menyarankan langkah dapat dilakukan mulai dari hal kecil dengan memilah sampah secara tidak langsung memberi nafkah lebih banyak lagi kepada para pemulung, sehingga kegiataan dengan membantu memberikan sampah plastik kepada pemulung itu beramal, sekaligus ikut menjaga lingkungan. (Muhammad Dasuki/Rachmat Sujianto)

162
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>