Sebarkan berita ini:
Ilustrasi
Ilustrasi

SEMARANG  [SemarangPedia] – Sosialisasi yang dilakukan PT Kereta Api Indonesia Daerah Operasi IV Semarang terkait pembangunan rel pelabuhan diwarnai aksi “Walk Out” oleh ratusan warga Kebonharjo yang hadir dalam acara tersebut di Gedung Marabunta, Rabu (13/4).

Penolakan warga ini berujung melakukan “long march” atau aksi jalan kaki dengan membawa spanduk bertuliskan Penolakan Pembangunan Rel Pelabuhan sebagian mengenai pemmukiman warga Kebonharjo.

Sosialisasi yang dibuka Kepala PT KAI Daops IV Semarang Andhika Tri Putranto aawalnya berlangsung dengan tenang dan tertib. Tiba disesi pertanyaan untuk memberikan kesempatan kepada warga mengajukan pertanyaan mengenai program tersebut, suasana mulai sedikit memanas meski masih berlangsung tertib.

Diana salah satu warga Kebonharjo mempertanyakan alasan PT KAI ingin menertibkan lahan yang selama ini ditempati, sedangkan warga mempunyai sertfikat resmi dari BPN yang diklaim masih milik PT KAI.

“Warga Kebonharjo selama ini tertib dan patuh terhadap hukum yang berlaku, termasuk membayar pajak, tetapi mau begitu saja ditertibkan untuk pembangunan rel pelabuhan oleh PT KAI”, ujarnya.

Senior Manager Aset PT KAI Daops IV Semarang Eman Sulaeman menjawab pertanyaan warga pihaknya masih bersikukuh jika lahan yang dimaksud secara hukum aset PT KAI.

Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Burhanuddin yang juga hadir pada kesempatan itu mengingatkan panitia untuk mempersingkat waktu, dinilai sosialisasi ini makin memanas.

Belum tuntas Eman menyampaikan tanggapan, ratusan warga Kebonharjo yang menjadi peserta sosialisasi secara tiba-tiba kompak membubarkan diri dan langsung meninggalkan lokasi.

Petugas Kepolisian yang berjaga di sekitar lokasi sosialisasi pembangunan rel pelabuhan langsung mengamankan situasi agar tidak terjadi hal hal yang mengarah ke kerusuhan dengan menutup sementara Jalan cenderawasih, semarang.

76
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>