Sebarkan berita ini:

21-Sapi2SEMARANG[SemarangPedia]- PT Sido Muncul Pupuk Nusantara (SMPN) akan terus mengembangkan produk pakan ternak dan perikanan, sebagai upaya untuk mendorong pertumbuhan di sektor agribisnis di berbagai daerah sentra produksi.

Dirut Sido Muncul Sofyan Hidayat mengatakan sektor agribisnis bakal mengalami pertumbuhan yang pesat, seiring dengan semakin banyak daerah yang memiliki potensi besar dalam memberikan kontribusi perekonomian Indonesia melalui bidang peternakan dan perikanan.

Potensi agribisnis itu, lanjutnya, akan menjadi pasar bagi pakan ternak produk SMPN, yang kini terus mengembangkan berbagai varian Herbafarm Ternak, Herbafarn Ikan dan Udang. Produk ini sudah semakin diminati para petani ternak di berbagai daerah.

“Selain itu, berbagai produk Sido Muncul Pupuk Nusantara, ikut membantu pemerintah dalam upaya penguatan sektor pangan nasional, hingga mampu mewujudkan kesejahteraan masyarakat di berbagai daerah,” ujarnya kepada SemarangPedia.com, Kamis(21/7)

Dengan berbasis pada pengembangan teknologi dan revolusi karakter, upaya untuk mendorong penyediaan bahan protein hewani bagi masyarakat petani ternak, berbagai produk pakan ternak SMPN memiliki nutrisi ternak yang berkualitas.

Menurutnya, industri peternakan melalui produksi daging telur maupun susu telah banyak membantu penyediaan protein hewani untuk masyarakat Indonesia. Berbagai daerah yang memiliki potensi besar dalam dunia peternakan perlu banyak mendapat perhatian lebih.

21-Sapi3Langkah itu dilakukan, dia menambahkan sebagai upaya untuk mendorong pertumbuhan sektor peternakan yang semakin berkembang pesat, mengingat negeri ini memiliki kondisi agraris yang bagus, sehingga penyediaan pakan ternak harus bisa memenuhi kebutuhan perternak.

“Bukan hal yang tidak mungkin apabila Indonesia bisa swasembada daging, dengan diimbangi meningkatnya tingkat konsumsi masyarakat terhadap protein hewani,” tuturnya.

Sofyan mengatakan untuk meningkatan kualitas produksi peternakan nasional, SMPN juga memproduksi nutrisi tambahan untuk hewan ternak yang diberi nama Herbafarm Ternak. Keunggulan Herbafarm Ternak di antaranya dengan penggunaan produk ini dapat memberikan dampak positif bagi produktivitas ternak.

Menurutnya, fungsi penting dari produk Herbafarm Ternak selain mampu mempercepat pertumbuhan fisik hewan ternak, kandungan mikroba dan curcumin juga dapat meningkatkan nafsu makan serta memacu kerja enzim pencernaan, sehingga akan lebih mengefisienkan dalam pemberian pakan.

Herbafarm juga mengandung mineral-mineral esensial yang mampu mempercepat usia potong hewan ternak serta meningkatkan jumlah produksi telur. Kandungan bahan herbal di dalam Herbafarm Ternak dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh hewan, sehingga ternak tidak mudah terserang penyakit.

Nutrisi ternak, dia menambahkan, produk SMPN untuk penggemukkan hewan ternak dan perikanan telah diujicobakan pertama kali di Jateng beberapa waktu lalu dan selama tiga bulan diperoleh hasil penggemukan lebih besar dari biasanya, baik terhadap hewan ternak sapi maupun perikanan seperti ikan gurami, mujahir, nila dan lele.

21-Sapi 1“Hasil kajian sangat menggembirakan, pertambahan bobot badan hewan dengan menggunakan terapan tehnologi pakan ternak produksi SMPN itu rata-rata lebih dari 108 gram per hari, sedangkan pertambahan bobot yang biasanya hanya sekitar 70 gram per hari,” ujarnya.

Hingga saat ini para peternak hewan khususnya sapi di berbagai daerah sangat menyukai pakan ternak Herbafarmprodum SMPN itu,  dari sisi usaha mereka sangat diuntungkan, karena hewan ternaknya mengalami pertumbuhan yang luar biasa, sementara harga produk pakan ternak itu sangat terjangkau.

Menurut Karyono petani ternak asal Desa Dukuh Mulyo, Kecamatan Jakenan, Kabupaten Pati, hewan ternak sapinya yang selama ini menggunakan pakan ternak Herbafarm produk SMPN, pertumbuhan penggemukan luas biasa.

“Sejumlah sapi di daerah kami baik lokal maupun impor yang sudah menggunakan pakan ternak Hebarfarm, bobot terus bertambah, bahkan tidak pernah diserang penyakit. Sebagaian besar semua sehat dan gemuk-gemuk,” ujarnya.    

Herbafarm Ternak merupakan suatu formula yang mengandung nutrisi/suplemen untuk pertumbuhan serta meningkatkan sistem imun pada hewan ternak dengan komposisi mengandung unsur-unsur bio organik, serta essential material yang diperlukan bagi perkembangan ternak.

Sofyan menuturkan Herbafarm Ternak diformulasi khusus dari bahan-bahan herbal yang dapat diaplikasikan untuk sebagian besar jenis ternak, di antaranya kerbau, sapi, kuda, kambing, domba, babi, kelinci, dan lainnya. Bahkan pakan ternak ini juga mengandung zat adatif  seperti zat yang mudah menyesuaikan dengan kondisi ternak.

Sedangkan Herbafarm ikan dan udang, dia menambahkan merupakan nutrisi/suplemen untuk pertumbuhan serta meningkatkan sistem imun ikan maupun udang dengan komposisi mengandung unsur-unsur bio organik, material essential yang bermanfaat untuk perkembangan ikan dan udang.

 

152
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>