Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang  menjalin kerja sama dengan Lembaga Penyiaran Publik  (LPP) TVRI Jateng, RRI Semarang dan Kantor Berita Antara, untuk meningkatkan kualitas materi perkuliahan di bidang jurnalisme.

Ketua Program Studi Ilmu Komunikasi STIKOM Semarang Drs Sonef Ruyadi, M.Si mengatakan penandatanganan naskah kerja sama itu akan direalisasikan hari Rabu (29/8), di aula  kampus STIKOM Semarang, Jl Woltermonginsidi 119 Pedurungan Semarang.

“Perkembangan industri media belakangan ini berjalan dengan cepat sekali dan sangat membutuhkan banyak sumber daya manusia (SDM) di bidang manajerial pemberitaan yang siap pakai dan siap latih,  karena itu  STIKOM Semarang segera melakukan konsolidasi internal dengan menyempurnakan materi kuliah jurnalisme yang diajarkan kepada mahasiswa,” ujar Sonef. di Semarang Selasa (28/9).

Menurutnya , kerja sama ini merupakan tindak lanjut dari hasil lokakarya penyempurnaan kurikulum yang dilaksanakan tahun lalu. Selain dengan ketiga lembaga media massa tersebut, sebelumnya STIKOM Semarang juga sudah menjalin kerja sama dengan beberapa media lain.

Dengan banyaknya media, dia menambahkan yang menjadi mitra, maka akan semakin menambah bobot atau kualitas materi jurnalisme yang diajarkan. Di kampus perguruan  tinggi ilmu komunikasi tertua di Jateng, mata kuliah jurnalisme mulai dari cetak, elektronik, online dan penyiaran dipadukan dengan kegiatan praktikum yang didukung sarana laboraturium media terintegrasi  yang sangat memadai.

Laboraturium penyiaran (radio dan TV),  cetak dan online tidak hanya difungsikan pada saat mahasiswa mengikuti kuliah jurnalisme, tetapi juga difungsikan untuk mendukung kegiatan UKM  Lembaga Pers Kampus yang menerbitkan media cetak majalah  Benteng Kampus (BK) dan  BK online  dan sejak akhir tahun lalu diintegrasikan dalam web Kampusnesia.com.

Diluar perkiraan, tutur Sonef,   media online Kampusnesia.com kehadirannya di dunia maya mendapat sambutan  antusias  dari masyarakat, tidak hanya kalangan internal STIKOM Semarang sendiri, tetapi juga  perguruan tinggi lain dan masyarakat umum.

Fenomena ini, menurutnya, semakin mendorong STIKOM untuk secepatnya menyempurnakan kurikulum mata kuliah jurnalisme agar materi yang diserap di dalam kampus dapat dimplementasikan di kalangan user atau pengguna di masyarakat, terutama kalangan media atau lembaga lain.

Selain dengan ketiga media itu, pada saat yang bersamaan STIKOM Semarang juga akan melakukan pendantanganan kerja sama dengan poliklinik Esensis Semarang, sebagai upaya untuk meningkatkan pelayanan kualitas kesehatan mahasiswa, dosen dan karyawan STIKOM  Semarang. (SMH/RS)

 

39
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>