Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] –  Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi (STIKOM) Semarang berupaya terus meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) baik dosen, tenaga kependidikan dan para karyawan, hingga diharapkan ke depan mampu mewujudkan sebagai perguruan tinggi ilmu komunikasi swasta terkemuka di Jateng.

Ketua STIKOM Semarang, Drs H Gunawan Witjaksana, M.Si  mengatakan peningkatan kualitas SDM akan terus dilakukan hingga perguruan tinggi ilmu komunikasi swasta tertua di Jateng ini mampu mewujudkan impiannya sebagai perguruan tinggi ilmu komunikasi terdepan.

Langkah itu dilakukan , lanjutnya, mengingat saat ini ilmu komunikasi masih menjadi favorit yang paling banyak menarik perhatian calon mahasiswa, hingga sejumlah perguruan tinggi lainnya mulai membuka prodi komunikasi progam S1 dan telah menimbulkan kompetisi semakin ketat.

“Meski kini Stikom terjepit dengan ketatnya persaingan di kalangan perguruan tinggi swasta yang telah membuka prodi komunikasi S1 itu, namun tidak akan menyurutkan semangat  Stikom dalam upaya meningkatkan kualitas SDM,” ujarnya pada upacara Wisuda Sarjana Stikom Semarang ke-37 yang digelar di Aston Semarang Hotel and Convention Center, Kamis (20/12).

Menurutnya, Stikom Semarang dengan berbekal pengalaman panjang dan memiliki alumni dalam jumlah besar yang telah berkarir di berbagai instansi dan mandiri tidak akan gentar menghadapi ketatnya persaingan.

Selain itu, dia menambahkan laboratorium yang dimiliki akan sangat mendukung, mengingat saat ini Stikom telah membangun laboratorium multimedia terintergrasi berbasis media online Kampusnesia.com yang mampu mengintergrasikan berbagai laboratorium media yang dimiliki dalam satu wadah, hingga sudah dapat diakses oleh masyarakat luas.

Stikom kini memikiki laboratorium yang lengkap di antaranya studio televisi, radio, media cetak, pdh dan melalui media terintegrasi cetak, radio streaming, televisi, e-paper, PDF majalah dan PDF koran dalam wadah media online Kampusnesia.com itu, juga diharapkan kemampuan mahasiswa bakal meningkat, terarah dan kreativitasnya semakin tarasah.

Bahkan media online Kampusnesia.com yang baru dilahirkan setahun lalu sudah dapat meningkatkan pengunjung hingga mencapai 15.000 untuk berita terpopuler dan di atas rata-rata media online lain di Jateng yang hanya mencapai 7.000 pengunjung.

Gunawan menuturkan secara intens peran para alumni yang telah mengembangkan kemampuannya di luar, selalu menyampaikan informasi perkembangan mutakhir terkait dengan perkembangan ilmu komunikasi bersama varian- variannya.

Relationship para alumni dengan alamanater berlangsung harmonis, sehingga berbagai dinamika yang terjadi di lapangan dapat diharmonisasikan dengan internal kampus, terutama yang terkait dengan dinamika akademik.

Respon dan daya panggil alumni untuk ikut mengembangkan kampus kerakyatan ini sangat tinggi, sehingga kemajuanpun semakin telihat, meski juga tidak lepas dari peran para dosen, para pendidik dan karyawan.

Dalam acara wisuda itu, Stikom Semarang melepas 55 sarjana strata satu ilmu komunikasi, terdiri 31 wisudawati dan 24 wisudawan yang diharapkan mereka akan mengikuti jejak pendahulunya, melambungkan popularitas almamater dengan prestasi dan karyanya yang bermanfaat bagi masyarakat,

Hingga saat ini dengan wisuda ke-37 itu, Stikom Semarang telah mencetak 1.819 orang sarjana ilmu komunikasi yang berkarier di berbagai media terkemuka, lembaga pemerintah, swasta maupun berwirausaha sesuai bidangnya.

Hasil yang didapat, dia menambahkan dari relationship alumni dengan lembaga adalah terjadinya penguatan nilai-nilai akademik, manfaatnya dapat dirasakan langsung oleh mahasiswa yang sedang menjalani peoses perkuliahan.

Kondisi itulah, tutur Gunawan, yang menjadikan dan mendorong percepatan mahasiswa Stikom lebih dini memiliki kemampuan menghadapi pasaran kerja baik menjelang maupun setelah lulus kuliah, mengingat mereka selama menuntut ilmu tidak hanya memperoleh pelajaran teori saja, tetapi juga ketrampilan dalan praktik yang telah disesuai dengan era digital saat ini.

Sementara itu, Kepala Progam Studi Ilmu Komunikasi STIKOM Semarang Drs Sonef Riyadi, M.Si dalam laporannya menyebutkan dari 55 wisudawan itu, tercatat tiga di antaranya dinyatakan wisudawan terbaik.

Mereka terdiri Pradevj Ari Utomo peringkat pertama, Erna Septiana Rahayu peringkat kedua dan Maria Ulfa wisudawan terbaik ketiga. (RS)

 

54
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>