Sebarkan berita ini:

BerasSEMARANG[SemarangPedia] – Masyarakat Jawa Tengah tidak perlu khawatir kekurangan pasokan beras, karena stok bahan pokok makanan ini dijamin aman dan dapat memenuhi kebutuhan hingga Lebaran mendatang.

Perum Bulog Divre Jawa Tengah telah merealisasikan penyerapan beras petani hingga mencapai sebanyak 144.000 ton dan mampu untuk memenuhi kebutuhan hingga Lebaran mendatang.

Kepala Perum Bulog Divre Jateng Usep Karyana mengatakan penyerapan beras sebanyak itu, tercatat sudah mencapai hampir 30% dari target penyerapan Bulog hingga akhir tahun ini.

Tahun ini, lanjutnya, Bolog Divre Jateng ditargetkan mampu menyerap beras petani sebanyak 505.000 ton dan jauh lebih baik dibandingkan periode yang sama tahun lalu, mengingat Januari-April 2015 penyerapannya hanya 34.000 ton setara beras.

Boleh jadi, dia menambahkan  tahun ini pada periode yang sama mengalami peningkatan empat kali lipat atau sekitar 418%. Bahkan tingginya penyerapan beras pada tahun ini tidak terlepas dari dukungan pemerintah dan para stakeholder

Menurutnya, peran mitra petani dan pemprov Jateng pada ketahanan dan kemandirian pangan sangat membantu penyerapan beras secara optimal. Bahkan Jateng sebagai sentra produksi beras dituntut untuk mampu memenuhi kebutuhannya sendiri.

“Penyebab lain dari peningkatan serapan beras adalah faktor cuaca dan kondisi saat ini cukup  mendukung produksi beras di sejumlah daerah di Jateng. Selain itu, harga juga masih stabil dibandingkan tahun lalu,” ujarnya. Kamis. (28/4)

Di wilayah Jateng penyerapan beras tertinggi masih didominasi dari wilayah Bulog Sub Divre Pati yang memberikan kontribusi hingga 40% dari total penyerapan beras di provinsi ini.

Sedangkan daerah lain terjadi pada wilayah Bulog Sub Divre Semarang, Solo, Pekalongan, Banyumas dan Kedu. rata-rata serapan saat ini mencapai antara 4.500-5.000 ton per hari, setara beras, atau 10.000 ton gabah.

Bulog optimistis stok beras di Jateng mampu menopang ketahanan pangan hingga Agustus setelah Lebaran. Bahkan Mei masa puncak panen masih terus berlangsung.

 

79
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>