Sebarkan berita ini:

8-Daging1SEMARANG[SemarangPedia] – Persediaan daging sapi di Jawa Tengah dijamin aman untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Lebaran mendatang, sementara kenaikan harga pangan di pasaran dinilai masih pada tingkat wajar.

Kebutuhan daging sapi di wilayah Jatang kini mencapai sebanyak 15.000 ton, sedangkan persediaan yang terdapat di provinsi ini mencapai 18.000 ton, sehingga kebutuhan konsumen Lebaran mendatang masih sangat mencukupi dan dalam kondisi aman.

“Stok daganing sapi sebanyak itu sudah sangat cukup,” ujar Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Jawa Tengah, Agus Warianto, Rabu. (/6)

Menurutnya, di Jawa Tengah masih dominan memanfaatkan sapi lokal dan persediaan kini masih diproses oleh Bulog sehingga ada pilihan daging beku dan daging lokal.

Daging sapi impor, lanjutnya, Jawa Tengah sudah sangat cukup, meski saat ini tidak ada impor daging sapi yang masuk ke wilayah Jawa Tengah

“Bahkan populasi sapi lokal di Jateng kini mencapai sebanyak 70.000 ekor per tahun dan mampu untuk kebutuhan pasar lokal,” tuturnya.

Selain daging sapi, dia menambahkan daging ayam juga disiapkan 21.000 ton dari kebutuhan 15.000 ton menjelang Lebaran, begitu juga untuk kebutuhan telur disediakan 20.000 ton dari kebutuhan hanya 16.000 ton.

Sementara itu, kenaikan harga komoditas pangan di Jawa Tengah terutama di Kota Semarang. masih dinilai pada tingkat wajar, akibat efek psikologi pasar setiap datang momentum tertentu seperti Lebaran.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan pihaknya bersama Bank Indonesia Perwakilan Jateng mempersiapkan program “SiHati”, sebagai upaya untuk menekan harga jika terjadi kenaikan tidak wajar.

“ Pemantauan harga komoditas bahan pangan melalui ‘SiHati’ ini bertujuan untuk menekan kenaikan harga,” ujarnya.

Menurutnya, jika suatu saat diketahui ada harga komoditas bahan pokok yang naik secara tidak wajar dan masuk zona merah, pihaknya akan langsung dapat mengambil tindakan yang salah satunya dengan menggelar operasi pasar.

73
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>