Sebarkan berita ini:

22-pilkadaSEMARANG[SemarangPedia]-  Setelah empat calon kepala daerah mendatar ke Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jateng, kini menyusul di hari kedua dua petahana calon kepala daerah ikut juga mendaftar masing-masing Kota Salatiga dan Kabupaten Pati.

Ketua KPU Provinsi Jawa Tengah Joko Purnomo mengatakan dua petahana itu, terdiri mantan Wali Kota Salatiga Yulianto dan wakil Wali Kota Muh Haris, Bupati Pati Haryanto dan bakal calon wakil Bupati Saiful Arifin.

“Kota Salatiga pasangan petahana Yulianto-Muh Haris didukung 15 kursi di DPRD setempat terdiri PKS, Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Demokrat, PPP dan Partai Nasdem,” ujarnya, di Semarang.

Sedangkan di Kabupaten Pati bakal calon pasangan Bupati Haryanto (petahana) dan wakil Bupati Saiful Arifin. Pasangan ini didukung hampir semua partai yang memiliki kursi di DPRD setempat, PDI Perjuangan, Partai Gerindra, Partai Hanura, PKB, Partai Demokrat, Partai Golkar, PPP dan PKS dengan 46 kursi. Hanya satu partai yang tidak mendukung pasangan ini yaitu, Partai Nasdem yang hanya memiliki empat kursi di dewan.

Sinyalemen bakal calon pasangan Bupati Haryanto dan wakil Bupati Saiful Arifin bakal menjadi calon tunggal, sudah diprediksi sejak awal.

Sebelumnya Ketua DPD PDI Perjuangan Jawa Tengah Bambang Wuryanto menuturkan pertarungan paling mudah di Kabupaten Pati, karena hanya akan ada satu pasang calon yang mengikuti Pilkada serentak 2017.

Sehari sebelumnya empat calon kepala daerah sudah mendaftar pada KPU Kabupaten/ Kota di Jawa Tengah, untuk  mengikuti kompetisi Pilkada serentak 2017 mendatang.

Pasangan bakal calon itu, di antaranya, Budhi Sarwono dan Syamsudi yang maju sebagai Bupati dan Wakil Bupati Banjarnegara. Mereka diusung oleh tiga partai pengusung, Partai Golkar, Partai Demokrat dan PPP.

Selain itu, pasangan bakal calon Tatto Suwarto Pamuji (petahana) dan Syamsul Auliya Rahman yang mencalonkan diri sebagai Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Cilacap yang didukung Partai Golkar, PKB, PAN dan Partai Demokrat.

Sedangkan Brebes, pasangan bakal calon Idza Priyanti dan Narjo, keduanya merupakan petahana kembali maju sebagai Bupati dan Wakil Bupati Brebes. Keduanya didukung oleh PDI Perjuangan, PKB, Partai Golkar, PAN, Partai Demokrat, PPP dan Hanura.

Terakhir Kabupaten Batang, pasangan calon Wihaji dan Suyono yang didukung Partai Golkar dan PPP mendaftar sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati di kabupaten itu. (RS)

177
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>