Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Nama Rustriningsih mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah sebagai bakal pasangan Calon Gubernur Jateng Sudirman Said pada Pilgub Jateng 2018 berpotensi mendongkrak suara di kantong-kantong PDIP di berbagai daerah di Jateng.

Pengamat komunikasi politik dari Universitas Indonesia (UI) Ari Junaidi mengatakan munculnya nama Rustriningsih mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah jika menjadi pendamping Calon Gubernur Jateng Sudirman Said pada Pilgub Jateng 2018 berpotensi mendongkrak suara di kantong-kantong PDIP.

Meski nama Rustriningsih belum secara resmi mendapat rekomendasi dari salah satu partai untuk mendampingi Sudirman Said. Namun, munculnya nama mantan Bupati Kebumen itu sebagai salah satu bakal calon yang berpasangan dengan Sudirman Said sudah cukup menggoyang dinamika politik Jawa Tengah.

Menurut Ari, jika Rustingsih berpasangan dengan mantan Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) itu, dipastikan berpotensi menggerogoti suara di kantung-kantung PDIP yang ada di wilayah provinsi ini.

“Nama Rustriningsih, meski belum mendapat lampu hijau dari DPP PAN, Gerindra dan PKS (partai koalisi), namun kepopulerannya di Jawa Tengah tidak diragukan,” ujarnya, Rabu (3/1).

Mantan Wakil Gubernur Jawa Tengah itu, dia menambahkan sebelumnya juga tercatat sebagai kader PDI Perjuangan. Hal ini terbukti, Rustriningsih dua kali terpilih sebagai Bupati Kebumen periode 2000 – 2005 dan 2005 – 2010, kemudian menjadi Wakil Gubernur Jateng.

“Saat menjabat sebagai Bupati Kebumen di periode kedua, Rustiningsih kemudian maju pada Pilgub Jateng 2008 berpasangan dengan Bibit Waluyo dan terpilih kembali pada 2008 – 2013 hingga diyakini faktor Rustriningsih lah yang menjadi magnet kemenangan tersebut,” tuturnya.

Sementara, pengamat politik Universitas Diponegoro, M. Yulianto mengatakan nama Rustriningsih diyakini mampu mendongkrak kepercayaan public di wilayah Jateng.

Sense of society Rustriningsih masih sangat baik. Terlebih bakal bisa merepresentasikan suara perempuan Jawa Tengah. Rustriningsih itu memiliki catatan yang sangat oke di sosio politik. Jika tim marketing pengusung dan relawan solid, akan menjadi pasangan alternatif untuk dipilih masyarakat” ujarnya. (RS)

2.569
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>