Sebarkan berita ini:

13-tebuSEMARANG[SemarangPedia] – Upaya Pemprov  Jawa Tengah untuk mewujudkan swasembada gula terancam gagal, karena tingkat kesejahtaraan petani tebu hingga sekarang belum juga ada peningkatan.

Anggota Komisi B DPRD Jawa Tengah, Ikhsan Mustofa SE mengatakan para petani tebu di berbagai sentra daerah sangat membutuhkan pembinaan. Pasalnya, banyak petani yang terus mengalami kerugian hingga mereka mulai beralih membudidayakan  komoditas lain yang hasilnya lebih menguntungkan.

“Tidak sedikit para petani tebu yang sekarang mulai beralih menanam komoditas tanaman pangan yang dinilai lebih menguntungkan hasilnya,” ujarnya di Semarang, Jumat (13/5).

Kondisi itu, lanjutnya, mendrong DPRD akan ikut mendesak Pemprov agar turun tangan dan konsisten dalam memberikan pendampingan baik pembinaan maupun bantuan pinjaman modal kepada para petani tebu.

Dia mengharapkan pemerintah bisa ikut berperan meningkatkan produksi tebu, mengingat menurunnya produksi petani tebu kini rentan terhadap ketidakstabilan harga dan mempengaruhi kebijakan impor gula.

Berdasarkan data dari Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Gubernur pada 2015, produksi tebu di Jawa Tengah menurun sebanyak 3.701.090,34 ton, dari tahun sebelumnya yang  mencapai 5.560.701,69 ton.

“Hal ini menunjukkan adanya hambatan dalam produksi tanaman bahan baku gula itu,” tuturnya.

Selain persoalan produksi, dia menambahkan petani tebu juga masih mengeluhkan hasil produksi yang tidak sesuai harapan, dan tidak pernah memberikan keuntungan yang memadai.

Menurutnya, kondisi itu mengakibatkan tingkat kesejahteraan petani terus menurun, karena hasil yang didapatkan para petani tidak sesuai dengan biaya dan tenaga yang telah dikeluarkan.

Dia mengatakan satu faktor penentu keberhasilan komoditas ini adalah ketersediaan pupuk bersubsidi. Pada 2015, sejumlah petani tebu semakin kesulitan mendapatkan pupuk bersubsidi.

 

 

70
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>