Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia]- Siapa yang tak suka donat? Kue yang satu ini dikenal karena bentuknya yang bulat dan ada lubang di tengahnya. Pada dasarnya donat adalah penganan yang digoreng, dibuat dari adonan tepung terigu, gula, telur dan mentega.

Donat yang paling umum adalah berbentuk cincin dengan lubang di tengah. Donat rasanya manis dengan berbagai macam rasa seperti coklat, keju, jelly, selali dan masih banyak lagi. Sekarang ini donat sudah punya banyak rasa dan bentuk.

Banyak inovasi yang dilakukan agar donat tetap diminati. Meski banyak penjual kue donat baik di pinggir jalan, toko roti hingga ke mall, tak ada salahya kita membuat sendiri penganan khas ini. Kali ini kita akan membuat donat klasik, dengan taburan coklat diatasnya.

Caranya mudah dan praktis, bahkan tak harus memakai mixer untuk meramu adonannya. Seperti dilansir dari qraved, berikut ini cara membuat kue donat cokelat.

Bahan yang disiapkan:

500 Gram tepung terigu
3 Butir kuning telur
1/2 Bungkus fermipan
3 Sendok makan gula halus
250 ml susu cair
3 Sendok makan mentega, cairkan
Minyak untuk menggoreng
Cokelat Meses

Cara pembuatannya:

Campurkan semua bahan kemudian aduk hingga merata. Uleni terus adonan donat sampai kalis atau sampai tidak menempel di wadah. Setelah kalis, banting banting adonan beberapa kali.

Bentuk adonan menjadi bulatan-bulatan kecil dan diamkan selama 30 menit sampai adonan mengembang. Baru setelah 30 menit, panaskan minyak goreng untuk menggoreng donat.

Lubangi bulatan donat di bagian tengah sebelum digoreng. Pastikan minyak yang digunakan cukup sehingga donat tercelup sempurna saat digoreng!

Goreng donat dan tunggu sampai berwarna cokelat keemasan dan tiriskan.

Setelah semua donat matang, diamkan donat dan tunggu sampai dingin sebelum dioleskan mentega dan ditaburi meses. Anda juga bisa menyajikan donatnya hanya dengan ditabur gula halus. Mudah Kan? (RS)

162
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>