Sebarkan berita ini:

3-tarunaSEMARANG[SemarangPedia] – Puluhan cadet atau taruna perwakilan dari berbagai negara di ASEAN berkunjung ke Kota Semarang dan datang ke Kantor Gubernur Jawa Tengah.

Peserta ASEAN Cadet Sail tersebut tengah mengikuti pelayaran Surabaya-Mataram-Bali-Makasar-Balikpapan-Semarang-Surabaya menggunakan KRI Dewaruci selama satu bulan sejak 10 September lalu.

Komandan Satgas Kolonel Laut (P) Isworo Sulistyanto mengatakan program yang digagas Angkatan Laut di ASEAN itu bertujuan memperkuat kerja sama dan persaudaraan antartaruna angkatan laut rumpun ASEAN di berbagai bidang, baik sosial, politik, budaya, maupun pertahanan.

“Kegiatan tahun ini diikuti delapan negara ASEAN, sedangkan dua di antaranya yakni Laos dan Brunei Darussalam berhalangan karena ada panggilan tugas mendadak dari Pimpinan Komando masing-masing negara,” ujarnya di sela-sela kunjungan ASEAN Cadet Sail 2016 di Ruang Rapat Lantai dua Kantor Gubernur Jateng, di Jln Pahlawan Semarang , Senin. (3/10)

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo mengatakan kerja sama negara ASEAN ini akan mempererat persaudaraan, meningkatkan jalinan persahabatan generasi muda, khususnya taruna Angkatan Laut negara peserta, sekaligus sarana bertukar informasi tentang beragam budaya masing-masing negara.

Dia mengharakan para peserta program tersebut bisa menjadi jenderal- jenderal yang akan memimpin di masing-masing kekuatan dan mampu membuat hubungan yang lebih baik. Dengan demikian, pengamanan laut akan dilakukan dengan cara dan diplomasi yang baik serta saling menghormati antarbangsa.

“Saya berharap para cadet inilah yang akan mulai berinvestasi membangun relasi, kekuatan antaranegara, bersama-sama membuat kesepakatan internasional, dan regulasi-regulasi bersama,” tuturnya. (RS)

125
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>