Sebarkan berita ini:

2-Dominasi tenaga asing 1SEMARANG[SemarangPedia] – Tenaga asing berasal dari negara di kawasan Asia mulai mendominasi bekerja di sejumlah perusaan di wilayah Jateng dengan posisi jabatan penting.

Dinas Tenaga Kerja, Transmigrasi dan Kependudukan (Disnakertransduk) Provinsi Jateng menyebutkan jumlah tenaga kerja asing yang bekerja di sejumlah perusahaan di Jateng tercatat sebanyak 1.823 orang.

Kepala Disnakertransduk Provinsi Jateng, Wika Bintang mengatakan para tenaga asing yang jumlahnya hampir 2.000 orang itu, berasal dari 58 negara yang sebagaian besar dari kawasan Asia, sehingga belakangan ini mendominasi di sejumlah perusahaan dengan posisi jabatan penting.

“Sejumlah negara asal tenaga kerja asing itu, seperti Tiongkok, Korea, India, Jepang, dan Taiwan. Bahkan mereka menduduki jabatan penting seperti presiden direktur, direktur, dan tenaga ahli,” ujarnya di Semarang, Kamis (2/6).

Menurutnya, pekerja asing yang bekerja di Jateng telah diatur terkait batasi waktu menetap maksimal satu tahun dan harus memperpanjang izin, dengan melampirkan sertifikat bisa berbahasa Indonesia tingkat dasar.

“Apabila masih belum bisa, kita beri perpanjangan waktu enam bulan. Jika tidak bisa, maka izin tidak dikeluarkan,” tuturnya.

Terkait kewenangan, lanjutnya, izin mempekerjakan tenaga asing lintas provinsi dikeluarkan oleh Kementerian Tenaga Kerja, sedangkan tenaga kerja asing yang bekerja lintas Kabupaten/Kota dikeluarkan Disnaker tingkat Provinsi. “Tapi jika hanya di satu kabupaten dikeluarkan dinas Kabupaten/Kota.”

Di sisi lain, dia menambahkan mengenai persoalan di PLTU CIlacap, pihaknya sudah menjurunkan timnya untuk menelusurinya dengan pengecekan izin mereka. (RS)

71
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>