Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Tiket kereta api (KA) untuk arus mudik Lebaran mendatang telah habis terjual, terutama KA kelas ekonomi dengan tujuan Semarang dari beberapa kota di  Jatim meliputi Surabaya, Malang dan Kediri, serta dari Stasiun Gambir dan Stasiun Senin Jakarta.

Manager Humas PT KAI Daop 4 Semarang, Krisbiyantoro mengatakan jika pada masa angkutan mudik Lebaran tahun ini, paling banyak yang diminati adalah KA jenis ekonomi, dimana okupansinya telah mencapai 100%.

“Tiket mudik dari Gambir dan Pasar Senen tujuan ke Semarang juga sudah habis terjual untuk kelas ekonomi, seperti KA Brantas, Kertajaya dan Matamarja,” ujarnya.

Sementara untuk arus mudik dari Semarang menuju Surabaya Pasar Turi, Malang dan Blitar untuk kelas ekonomi pun telah habis terjual sebelum lebaran H-2. Sedangkan untuk tiket arus balik dari Semarang menuju Stasiun Gambir dan Surabaya-Semarang H+2 hingga H+6 beberapa jenis KA juga telah ludes terjual.

“Tiket KA Lebaran yang masih tersedia adalah beberapa KA eksekutif, misalnya Argo Sindoro,” tuturnya.

Menurutnya, untuk mengetahui ketersediaan tiket, agar calon pemudik yang akan menggunakan KA bisa melihat melalui KAI Accses. Melalui pantauan dari aplikasi tersebut, masyarakat akan tahu ketersediaan tiket secara riil.

“Tiap menit ada perubahan, jadi saya sarankan untuk melihat aplikasi KAI Accses,” tuturnya.

Pada masa angkutan Lebaran tahun ini, KAI Daop 4 Semarang mengoperasikan sebanyak 56 kereta api (KA) Reguler dan 11 KA Tambahan dengan total mencapai 67 KA untuk menyambut arus mudik Lebaran Idul Fitri 2019.

“Jumlah tersebut mengalami kenaikan dari jumlah tahun sebelumnya hanya tersedia 66 KA,” ujarnya.

Puncak arus mudik, dia menambahkan diperkirakan akan terjadi pada Rabu, 29 Mei 2019 (H-7) dan puncak arus balik diperkirakan akan terjadi pada Minggu, 9 Juni 2019 (H+3). Untuk tiket 11 KA tambahan, sebelumnya sudah bisa dipesan pada H-60 Lebaran.

KA tambahan Lebaran 2019, tuturt Krisbiyantoro, terdiri dari 4 KA Eksekutif dan 7 KA Ekonomi. Penambahan KA untuk mengantisipasi meningkatnya jumlah penumpang KA pada masa arus mudik dan balik Lebaran.

“Setiap hari KAI menyediakan 45.606 tempat duduk untuk KA jarak jauh dan KA lokal tahun ini mengalami kenaikan sebanyak 12% dari tahun sebelumnya hanya 40.890 tempat duduk,” tuturnya. (RS)

 

26
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>