Sebarkan berita ini:

20-pabrik-jamu-ilegalBANYUMAS[ SemarangPedia] – Tim dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Jateng berhasil menemukan pabrik pengolahan jamu ilegal di Desa Adisana, RT 3 RW 10, Kecamatan Kebasen, Kanupaten Banyumas, Selasa. (20/9)

Home industri jamu ilegal milik Warsito warga desa itu, Tim BPOM berhasil menyita ribuan jamu ilegal dalam kemasan yang siap dipasarkan.

Selain itu, BPOM menyita lima unit mesin produksi jamu, tiga berukuran besar dan dua berukuran kecil, serta satu truk jamu ilegal dalam bentuk serbuk dan kapsul. Bahkan Tim juga mengamankan obat keras dari salah satu toko di kawasan Buntu.

Beberapa jenis obat keras yang disita di antaranya amoxicillin, antalgin, asamefenamat dan fimestan. Sedangkan jamu ilegal itu dikemas dalam berbagai merk, terdiri Kuda Liar Sumbawa, Lumbung Sewu dan Amuralin.

Kepala BPOM Jateng Endang Pudjiwati mengatakan oknum pembuat toko jamu ilegal merupakan pemain lama, dan pernah beberapa kali ditunjua dan diingatkan, sementara pabrik jamu ilegal beroperasi sejak tahun lalau.

Pabrik jamu ilegal itu, lanjutnya, berkapasitas 2.000 kotak per hari, terdiri kotak berisi 10 sachet.

Menurutnya, pengungkapan pabrik itu berawal dari temuan di lapangan terdapat jamu ilegal dan dikembangkan hingga ditemukan salah satu lokasi pabrik pembuatan jamu ilegal itu berada di wilayah Kabupaten Banyumas.

“Pabrik itu memproduksi obat tradisional mengandung bahan kimia obat dan tidak memiliki izin. Bahkan keterangan dari karyawannya, kapsul yang terdapat bahan kimia dicampur dengan bahan herbal, jadi kapsulnya dibuka, kemudian dimasuki bahan herbal,” ujarnya.

Jamu ilegal itu, dia menambahkan membahayakan bagi kesehatan dan melalui uji klinik sesuai standar yang berlaku.

305
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>