Sebarkan berita ini:

3-korban-longsorSEMARANG[SemarangPedia] – Upaya pencarian tim evakuasi dari Petugas Gabungan dari Basarnas, BPBD, Polri DAN TNI, akhirnya membuahkan hasil dengan ditemukan kedua jenazah kakak beradik Jessica (18) dan Jason (9) dalam kondisi sudah tidak bernyawa.

Keduannya ditemukan  tertindih tembok tebing setebal 50 sentimeter, oleh Tim Sar gabungan di dalam kamar, setelah melakukan penggalian dilokasi timbunan tebing yang longsor. Bencana longsor itu terjadi di Perumahan Bukit Sari Semarang.

Jasad korban yang berhasil dievakuasi petugas enam jam kemudian dan langsung disambut isak tangis keluarga korban. Kedua orang tua korban yang selamat dalam kejadian ini pun terlihat sangat shock saat melihat jasad kedua anaknya dimasukan ke dalam ambulan.

Kondisi bangunan yang sangat keras salah satu kendala dalam proses evakuasi korban yang terjebak dalam peristiwa longsor. Di perlukan peralatan khusus untuk menyingkirkan beton dan tembok tebing setebal lima puluh sentimeter.

“Kedua korban Jessica (18) dan Jason (9) berhasil ditemukan tertimbun material dalam kondisi sudah tidak bernyawa,” ujar Kapolrestabes Semarang Kombes Pol Abiyoso Seno Aji

Menurutnya, dalam proses evakuasi cukup memakan waktu, dikarenakan reruntuhan batu yang cukup besar membuat sedikit menguras tenaga para Petugas SAR.

Sementara itu, Koordinator Tim SAR Gabungan Nyoto Purwanto mengatakan tidak ada kesulitan dalam proses evakuasi. Hanya karena kondisi tebing yang labil membuat tim harus ekstra hati-hati dalam melakukan evakuasi.

3-korban-longsor-1“Ini melakukan operasi banyak pertimbangan mulai persiapan tidak bisa tiba-tiba masuk kelokasi,  teman-seman terlebih dahulu melakukan penilaian bangunan apakah ada lonsooran susulan, jangan sampai ada korban lagi, setelah melakukan penilaian bangunan dan dirasa aman baru melakukan proses evakuasi,” tuturnya.

Sebelumnya, dua orang terjebak longsor setelah talud di kompleks Perumahan Bukit Sari Kota Semarang, ambrol hingga menimpa sebuah rumah di perumahan di Jalan Bukit Bromo Nomor 26, Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang akibat hujan yang terjadi sepanjang Minggu malam (2/10). Dua korban terjebak longsor masing-masing bernama Jesica (18) dan Jensen (9).

Saat kejadian ada enam orang yang berada di dalam rumah. Keenam orang tersebut masing-masing Enrico dan Kristin, orangtua kedua korban, Mulyo Cahyono yang merupakan kakek korban dan seorang perawat.(HN/RS)

141
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>