Sebarkan berita ini:

DEMAK[SemarangPedia] – Kinerja Tim Pengawasan Orang Asing (Timpora) Kanwil Kemenkum HAM Jawa Tengah terus dioptimalkan, sebagai upaya untuk menekan sejumlah pelanggaran.

Kepala Bidang Intelijen Penindakan dan Sarana Komunikasi Keimigrasian Kanwil Kemenkum HAM Jawa Tengah Tohadi mengatakan kinerja Timpora yang tersebar di kabupaten hingga kecamatan terus dioptimalkan.

Menurutnya, Timpora yang terdiri dari sejumlah lembaga maupun instansi mempunyai tugas dan fungsi terkait dengan keberadaan dan kegiatan orang asing.

“Jika ada pelanggaran orang asing dikembalikan ke instansi bersangkutan. Kalau tindak pidana tugas Kepolisian, kalau izin tinggal tugas imigrasi, kalau ketenagakerjaan ke  Disnakertrans,” ujarnya dalam
Rapat Tim Pengawasan Orang Asing, Timpora Kabupaten Demak, Rabu (28/11).

Kegiatan itu diikuti beberapa stakeholder di antaranya Kejaksaan, Kepolisian, Dinas Tenaga kerja, Kodim dan unsur masyarakat dalam rangka memperketat pengawasan terhadap orang asing yg berada di wilayah Kabupaten demak.

Jumlah orang asing di Kabupaten Demak, lanjut Tohadi, mencapai 90 orang yabg berasal dari sejumlah negara di kawasan Asia.

Kondisi itu, menurutnya, berpotensi menimbulkan terjadinya sejumlah permasalahan.

“Mereka warga negara asing maupun tenaga kerja asing yang berada atau tinggal di wilayah Kabupaten Demak mayoritas sebagai tenaga ahli di industri atau pabrik,” tuturnya.

Di sisi lain, dia menambahkan meningkatnya jumlah orang asing subyek bebas visa kunjungan yang masuk ke Jateng berpotensi terjadinya pelanggaran hukum.

“Pelanggaran itu di antaranya tinggal melebihi ketentuan atau overstay, ilegal worker, penipuan dan lainnya,” ujarnya.

Dengan demikian, tutur Tohadi, perlu adanya peningkatan koordinasi antar instansi dalam wadah Timpora.

Selain itu, perlu dibentuk Timpora di seluruh kabupaten hingga kecamatan.

“Dari 506 kecamatan di Jateng, sekitar 400 kecamatan telah dibentuk Timpora,” tuturnya. (RS)

24
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>