Sebarkan berita ini:

29-ikan-lautSEMARANG[SemarangPedia] – Tingkat konsumsi ikan di wilayah Jawa Tengah masih relatif sangat rendah, meski potensi perikanan di propinsi ini semakin tinggi dengan memiliki panjang pantai, sungai, waduk dan sejumlah rawa.

Ketua Laboratorium Pengujian dan Pengawasan Mutu Hasil Perikanan Dinas Kelautan Perikanan (DKP) Jateng Sri Astuti mengatakan konsumsi ikan di Jawa Tengah masih sangat rendah.

Menurutnya, konsumsi Ikan pada 2105 hanya sebesar 23,64 Kg per kapita per tahun dari rata-rata  nasional yang mencapai 41,11 kg per kapita per tahun.

“Melihat kondisi seperti ini, Dinas Kelautan dan Perikanan Jateng terus menggalakan gemar makan ikan. Dengan membiasakan gemar makan ikan, target konsumsi ikan di Jateng pada 2017 sebesar 28,31 kg per kapita per tahun,” ujarnya, di Semarang.

Minimnya tingkat konsumsi ikan masyarakat juga dirasakan di wilayah pantai seperti di Kabupaten Kebumen. Hal ini sangat ironis, mengingat daerah pantai jateng selatan itu memiliki pantai sepanjang 57,5 kilometer, perairan umum seperti sungai, waduk, rawa dan genangan seluas 2.374 hektare.

Plt Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Kebumen  La Ode Haslan mengatakan konsumsi ikan di Kabupaten Kebumen baru 13,65 kilogram per kapita per tahun.

Terdapat peningkatan konsumsi ikan masyarakat dari 12,28 kilogram per kapita per tahun pada 2014, menjadi 13,65 kilogram per kapita per pada 2015. Tingkat konsumsi ikan di Kebumen rendah di bawah masyarakat kabupaten tetangga yang tidak memiliki pantai. Seperti Banjarnegara, yang telah mencapai sekitar 16 kilogram per kapita per tahun.

“Sedangkan Kabupaten Banyumas dengan 13,68 kilogram per kapita per tahun, Kabupaten Magelang 14,59 kilogram per kapita per tahun dan Cilacap yang mencapai 18 kilogram per kapita per tahun,” paparnya. (RS)

 

169
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>