Sebarkan berita ini:

Kondisi warga masyarakat yang berusia lanjut cukup memprihatinkan baik dari segi ekonomi maupun kesehatannya. Pemerintah mengeluarkan kebijakannya serta mensosialisasikannya pada masyarakat dengan mengeluarkan Peraturan Daerah tentang Lansia. Pemkab Kendal bekerjasama dengan Dinas Sosial, Biro Bina Sosial dan Biro Hukum Pemprov Jateng menggelar Sosialisasi Perda Nomor 6 Tahun 2014 soal Penyelenggaraan Kesejahteraan Lanjut Usia, Selasa ( 26 / 1 ) di ruang Operation Room Setda Kendal.

Dengan adanya Perda tersebut, menurut Staf Ahli Drs Agus Susanto, ada kejelasan soal upaya peningkatan kesejahteraan lanjut usia supaya pelaksanaannya memberikan hasil yang optimal sehingga bisa mewujudkan kemandirian dan kesejahteraan lanjut usia dalam peningkatan kesejahteraan keluarganya.

Pelaksanaan upaya peningkatan kesejahteraan lanjut usia yang diatur dalam perda tersebut, sambung Agus, meliputi pelayanan keagamaan dan mental spritual, pelayanan kesehatan, pelayanan kesempatan kerja, pelayanan pendidikan dan pelatihan. Selain itu para lansia juga menerima pelayanan dalam mendapatkan kemudahan dalam penggunaan fasilitas, sarana dan prasarana umum, pemberian kemudahan dan layanan bantuan hukum, pemberian perlindungan sosial dan pemberian penghargaan terhadap masyarakat lanjut usia.

Soal penganan warga lanjut usia, Pemkab kendal pun menaruh perhatian dan komitmen yang tinggi terhadap kesejahteraan lanjut usia dengan SK Bupati Kendal Nomor 465.1/546/2014 tanggal 10 Nopember 2014 tentang pembentuakn Komisi Daerah Lanjut Usia ( KOmda Lansia ) Kabupaten Kendal. Dengan adanya Komda lanjut usia, sehingga mampu memantau dan mengevaluasi program penanganan lanjut usia dengan membentuk Kelompok Kerja Lanjut Usia ( Pokja Lansia ) di tingkat kecamatan dan desa / kelurahan dalam rangka mewujudkan peningkatan kesejahteraan lanjut usia.

Dengan Perda No 6 tersebut, ke depannya dapat segera diambil langgkah – langkah nyata untuk melakukan pemberdayaan dan peningkatan kesejahteraan para lansia.. Diharapkan pada para pelaku teknis penyelenggara lansia agar dapat lebih meningkatkan kesejahteraan sosial dengan tujuan untuk memperpanjang usia harapan hidup danmmasa produktif serta terwuhjudnya kemandirian dan kesejahteraan lansia dengan tetap memelihara sistem nilai budaya dan kekerabatan bangsa Indonesia.

Sebagai dukungan terhadap kehidupan lansia sehari hari, lingkungan yang sehat harus diciptakan dan memberikan perhatian serta kepedulian kepada mereka yang orang tua kita. Para lansia sebenarnya tidak meminta dana atau bantuan dari generasi yang lebih muda lansia hanya perlu dimanusiakan ( diuwongke ). Para lansia perlu dilibatkan dalam beberapa kegiatan supaya mereka bisa aktif dan kreatif. Para lansia perlu diberikan kesempatan untuk menunjukkan eksistensinya di masa tuanya, kalu bisa mereka juga dilibatkan dalampenyusunan Rencana kerja Pembangunan Daerah. ( RKPD ) Kabupaten Kendal.

244
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>