Sebarkan berita ini:

13-pilkada-serentak-2017SEMARANG[SemarangPedia] –  Semakin banyaknya warga yang merantau dan menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) berpotensi menjadi salah satu penyumbang rendahnya tingkat partisipasi masyarakat dalam Pilkada serentak 2017 di Jawa Tengah.

Ketua Komisi pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah Joko Purnomo mengatakan terdapat sejumlah kabupaten yang masyarakatnya merantau maupun menjadi TKI di luar negeri.

Menurutnya, para perantau khususnya TKI yang ada di sejumlah negara di Asia rata-rata kontraknya selama dua tahun, sehingga bersamaan pelaksanaan pilkada mereka tidak dapat izin pulang untuk menggunakan hak pilihnya.

“Dari pantauan kami, ada beberapa kabupaten sebagai kantong TKI seperti Brebes, Cilacap dan Batang. Banyak warga di daerah tersebut menjadi TKI di luar negeri dengan masa kontrak rata-rata dua tahun, sehingga pada saat Pilkada kemungkinan besar tidak bisa menggunakan haknya,”  ujarnya di Semarang, Kamis (13/10).

Selain menjadi TKI, lanjutnya, warga di tujuh kabupaten/kota meliputi Cilacap, Banjarnegara, Brebes, Jepara, Pati, Kota Salatiga dan Batang yang akan menggelar Pilkada serentak, banyak yang merantau ke luar kota maupun luar pulau dalam satu wilayah Indonesia.

“Selain TKI di luar negeri, banyak warga di Jepara, Pati, Banjarnegara dan Salatiga bekerja di luar kota maupun di luar propinsi, sehingga untuk bisa menggunakan haknya mereka harus pulang. Dan ini dimungkinkan tidak semuanya bersedia untuk pulang,” tuturnya.

Namun, Joko optimis angka partisipasi masyarakat dalam Pilkada serentak 2017 mendatang di Jawa Tengah tetap tinggi, meski banyak perantau dan TKI di sejumlah kabupaten.

“Kami targetkan angka partisipasi publik dalam Pilkada serentak 2017 mendatang di tujuh kabupaten/kota bisa mencapai 70%,” ujarnya. (RS)

99
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>