Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – TNI melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) berupaya untuk terus melakukan pembinaan dan pemberdayakan semua potensi yang ada, mulai dari geografi, demografi maupun kondisi sosial menjadi potensi pertahanan baik pada aspek ekonomi, sosial budaya, pertahanan dan keamanan, sehingga dapat meningkatkan ketahanan wilayah dalam menghadapi setiap kemungkinan ancaman yang akan terjadi.

Kapendam IV/Diponegoro Letkol Kav Susanto SIP MAP mengatakan berdasar UU No34/th 2004 tentang Tentara Nasional Indonesia dalam pelaksanaan tersebut TNI bertugas pokok melalui operasi militer perang tetapi juga melakukan operasi militer selain perang.

Dalam hal ini, lanjutnya, sesuai dengan Pasal 7 Ayat (2) UU tersebut, dalam OMSP terdapat 14 macam operasi di antaranya memberdayakan wilayah pertahanan dan kekuatan pendukungnya secara dini sesuai dengan sistem pertahanan semesta serta membantu tugas pemerintahan di daerah yang diimplementasikan melalui program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD).

Menurutnya, hal ini secara bottom-up mulai dari musyawarah desa bersama Babinsa, program TMMD diusulkan dengan  berdasarkan sekala prioritas. Adapun sasaran kegiatan pada TMMD Reguler ke-109 kali ini adalah wilayah/daerah-daerah yang berkategori pra sejahtera, daerah perbatasan, daerah rawan maupun daerah yang tertinggal perlu mendapat perhatian lebih dibanding desa yang lainnya.

“TNI akan selalu hadir bersama-sama masyarakat untuk membantu pemerintah daerah dalam menyelesaikan persoalan masyarakat maupun mewujudkan kesejahteraan, baik melalui peningkatan kehidupan ekonomi maupun pembangunan dan peningkatan atau perbaikan fasilitas infrastruktur seperti jalan, jembatan, irigasi, sanitasi warga, tempat pariwisata, tempat ibadah serta fasilitas-fasilitas umum lainnya yang perlu diperbaiki untuk kesejahteraan masyarakat,” ujarnya di sela-sela kegiatan pemantauan TMMD Kodam IV/Diponegoro di Aula Pendam IV, Rabu (30/9)

Kapendam menyampaikan dengan keterkaitan pelaksanan program TMMD Reguler ke-109 pada 2020 di empat tempat meliputi Kodim 0713/Brebes, Kodim 0708/Purworejo, Kodom 0715/Kendal dan Kodim 0727/Karanganyar.

Menurutnya, pembangunan jalan, jembatan, talud irigasi dan pembagunan rumah tidak layak huni (RTLH) serta infrastruktur lainnya pada sasaran fisik TMMD Reguler ke 109 tahun 2020 merupakan hal yang relevan untuk mewujudkan cita-cita nasional dalam rangka memajukan kesejahteraan umum.

“Begitu juga jalan, jembatan dan irigasi merupakan sarana vital yang mutlak harus terpenuhi bagi masyarakat pedesan yang mayoritas berprofesi sebagai petani,” tutur Kapendam.

Dia menambahkan tersedianya sarana jalan, jembatan dan saluran irigasi yang memadai tentu laju perekonomian juga akan semakin lancar, karena aktifitas para petani mulai dari pengolahan lahan hingga pasca panen maupun aktifitas usaha perekonomian lainnya seperti peternakan, pariwisata dan perdagangan akan berjalan lancar.

Selain itu, lanjutnya, pembangunan RTLH bagi warga yang kurang mampu dengan memiliki rumah yang layak huni maka beban kehidupan akan berkurang dan mereka dapat tinggal lebih sehat dan nyaman. Bila mereka sudah merasa sehat dan nyaman dengan sendirinya akan lebih bersemangat dalam bekerja untuk memenuhi kebutuhan yang lainnya.

Bagaimanapun, tutur Kapendam, TMMD akan menumbuhkan semangat kebersamaan, terbangun hubungan kedekatan TNI dengan Rakyat hingga terwujudnya manunggalnya dalam kebersamaan dalam melaksanakan penyelesaian TMMD yang dilaksanakan.

Kapendam mengharapkan dengan terlaksananya kegiatan TMMD terutama dalam pelaksanaan TMMD ke-109 tahun 2020 di beberapa desa yang dilaksanakan akan diterima oleh seluruh lapisan masyarakat dan akan membuat masyarakat berkehidupan lebih nyaman, lebih aman, lebih maju dan lebih meningkat perekonomian masyarakat desa dalam jangka panjang, setelah sarana dan prasarana yang di bangun oleh TNI dengan program TMMD tersebut. (RS)

9
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>