Sebarkan berita ini:

KUDUS[SemarangPedia] – PT Industri Jamu dan Farmasi Sido Muncul, Tbk bersama Hariyanto Arbi menyelenggarakan Operasi Katarak Gratis bagi masyarakat kurang mampu di wilayah Kudus dan sekitarnya.

Dalam kegiatan sosial itu, Sido Muncul bersama Hariyanto Arbi menggandeng Persatuan Dokter Spesialis Mata Indonesia (PERDAMI) Cabang Jawa Tengah dan Operasi Katarak Gratis dilaksanakan di Rumah Sakit Umum Kumala Siwi Mijen, Kudus, Jawa Tengah, pada Sabtu (13/10).

Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat mengatakan
salah satu CSR Sido Muncul adalah operasi katarak gratis, sehingga kegiatan sosial itu digelar di Kudus, dari sebelumnya juga diselenggarakan serupa di berbagai kota.

“Saat itu Hariyanto Arbi cerita akan menjadi calon legislatif. Saya bilang, kalau mau jadi wakil rakyat, harus tahu permasalahan yang sedang dialami masyarakat, hingga harus turun langsung melihat dan mendengar aspirasi masyarakat,” ujar Irwan.

Menurutnya, salah satu CSR Sido Muncul adalah operasi katarak Gratis, maka mengajak Hariyanto Arbi untuk ikut melaksanakan kegiatan ini, sehingga jika dia terpilih sudah ada gambaran apa yang dibutuhkan masyarakat, khususnya dari aspek kesehatan.

Tahun ini, lanjutnya. merupakan tahun ke-delapan penyelenggaraan operasi katarak gratis. Namun, bergabungnya Hariyanto Arbi ini adalah kali pertamanya.

Hariyanto Arbi akan mengikuti rangkaian kegiatan Operasi Katarak Gratis bersama Sido Muncul di 6 lokasi di wilayah Kudus dan sekitarnya. Hari ini (13/10) di RS Kumala Siwi sudah berjalan 37 mata dan selanjutnya akan dilakukan secara bertahap.

Operasi katarak gratis itu. dimulai dengan seremonial yang dihadiri oleh Direktur Sido Muncul Irwan Hidayat, Direktur RS Kumala Siwi Mijen dr. Suswanto, Sp. PK., M.Sc, Perwakilan Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Mustianik, S.E, Perwakilan Perdami Cabang Jawa Tengah.

Dalam acara itu Sido Muncul juga menyerahkan paket produk kepada 5 perwakilan pasien. Acara dilanjutkan dengan penyerahan souvenir kepada tamu dan diakhir dengan peninjauan ke ruang operasi.

Sebelumnya, sebanyak 70 calon pasien telah menjalani tahap screening yang dilaksanakan pada 29 September lalu. Screening merupakan tahapan awal yang bertujuan untuk memeriksa kondisi mata dan menentukan kelayakan pasien mengikuti operasi.

Dari hasil screening, terdapat 37 pasien yang dinyatakan siap menjalankan operasi.

Operasi katarak gratis Tolak Angin Sido Muncul telah dilaksanakan sejak 2011 di 27 provinsi, 211 kota/kabupaten, di 236 Rumah Sakit/klinik mata di seluruh Indonesia. Total yang telah dioperasi hingga 2018 ini berjumlah 51.513 mata.

Dengan kegiatan ini, tutur Irwan. diharapkan dapat mengurangi angka penderita katarak, khususnya di Kudus. Masyarakat juga dihimbau untuk menghilangkan persepsi bahwa operasi katarak adalah sesuatu yang menakutkan, karena satu-satunya cara untuk sembuh dari katarak hanya dengan operasi.(RS)

11
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>