Sebarkan berita ini:

1-TopengSEMARANG[SemarangPedia] – Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko (TWCBPRB) pamerkan hasil kerajinan berbahan baku kayu di arena Jateng Fair 2016 hingga setiap malam dibanjiri para pengunjung yang mengerumni stand TWCBPRB itu.

Kerajinan berbahan kayu yang diolah menjadi karya seni beraneka ragam itu di pamerkan di Gedung Balai Merapi arena Jateng Fair 2016 dan banyak pengunjung menyukai dan mereka sebuah karya seni khas Jawa berupa topeng kayu batik.

Menurut penjaga stand TWCBPRP Syamsul Huda, topeng batik kayu berbahan dari kayu albasia, munggur dan jati itu, proses pembuatannya, dengan hahan kayu diberi pola dengan detil lalu diukir memakai pangot dengan teknik dan keterampilan tersendiri.

“Setelah itu baru kemudian dihaluskan dengan amplas, sehingga jadilah topeng putihan, selanjutnya siap untuk diukir dan diwarnai motif batik dengan menggunakan malam serta canting serta dilakukan proses pewarnaan,” ujarnya kepada semarangpedia.com, Rabu malam (31/8).

Pengunaan warna-warna, lanjutnya,  yang digunakan untuk membuat motif batik umumnya cerah atau terang dan mencolok, karena pada umumnya warna dari topeng itu sudah gelap.

1-Topeng KayuDia menuturkan harga topeng batik ini bervariasi tergantung dari bahan kayu serta tingkat kesukaran dalam proses produksi.

“Untuk harga per satu topeng bervariasi, mulai dari Rp100.000 hingga Rp200.000 per buah tergantung dari bahan dan tingkat kesukaran dalam ukiran,” tuturnya.

Untuk penjualan, dia menambahkan masih belum optimal bila dibandingkan produk lainnya seperti sandal kulit dan tas kulit. Pasalnya, pangsa pasar untuk topeng kayu batik adalah orang-orang tertentu dan yang memiliki jiwa seni.

“Kalau penjualan ya lumayan tidak begitu banyak, karena ini pasarnya orang orang yang tau seniartistik. Kalau sandal kulit dan tas kulit besar penjualannya, mengungat banyak dari kalangan ibu-ibu dan remaja putrid menggemari produk itu,” ujarnya. (RS)

241
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>