Sebarkan berita ini:

21-pasar-murah-cabeSEMARANG[SemarangPedia] –  Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Jawa Tengah bersama Bank Indonesia (BI) menggelar operasi pasar (OP) murah yang menyajikan sejumlah jenis cabe dan bawang merah, sebagai upaya untuk ikut menekan gejolak harga komoditas itu yang belakangan ini terus meroket.

Pasar murah sejumlah komoditas itu digelar di halaman Kantor Kecamatan Semarang Selatan, Senin (21/11).

Data Sihati BI Jateng menyebutkan harga cabe dan bawang merah di sejumlah pasar tradisional mengalami peningkatan yang signifikan. Bahkan cabe rawit merah harga mencapai Rp 70.000 per kg, cabe keriting melonjak menjadi Rp70.000 per kg dan bawang merah Rp45.000 per kg.

Selama kegiatan pasar murah harga cabe dan bawang dijual dengan harga pada tingkat level petani, untuk cebai rawit merah dijual dengan harga Rp38.000 per kg, cabe keriting Rp 45.000 per kg dan bawang merah Rp28.000 per kg.

Penjualan disediakan per komoditas sebanyak 250 kg dengan total 750 kg dan pembelian konsumen jumlah nya dibatasi untuk mengantisipasi aksi borong oleh para pedagang.

“Dari pantauan harga Sihati cabe dan bawang merah mengalami kenaikan signifikan hingga kenaikkan itu menjadi dasar Tim Pengendalian Inflasi Daerah untuk segera menggelar pasar murah melakukan upaya dalam rangka menstabilkan harga,” ujar A Reina Sari, Deputi Direktur Kepala Divisi Pengembangan Ekonomi Daerah Kantor Perwakilan BI Jateng.

Menurutnya, dengan pasar murah yang menggunakan harga tingkat petani diharapkan bisa menjadi acuan masyarakat, dan menjadi dasar untuk menawar di sejumlah pasar tradisional.

Dengan mendatangkan pasokan cabe dan bawang merah dari daerah sentra produksi menunjukkan pasokan komoditas itu, ternyata masih cukup melimpah.

77
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>