Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat SMA di wilayah Jawa Tengah tidak ada kendala yang berarti hampir keseluruhan Sokolah berjalan lancar, meski hanya menghadapi  masalah download soal.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengatakan pada prinsipnya UNBK tingkat SMA di wilayah Jawa Tengah sudah siap.

Namun, menurutnya, jika dalam pelaksanaan UNBK menghadapi sejumlah masalah  seperti  download soal yang tidak muncul, maka peserta ujian bisa diberi kesempatan lagi agar tidak merugikan siswa.

“Karena baru pertama  pelaksanaan UNBK, selalu tidak sempurna. Tidak 100%. Selalu ada yang seperti itu. Problem listrik dan lainnya. Tapi kalau di kota relatif lebih siap. Listrik siap, genset siap, anak-anak lebih adaptif, sehingga lebih siap. Makanya kita cek. Yang SMK sempat kita cek di Batang, relatif semuanya bagus. Itu menunjukkan kita siap,” ujarnya.

Ganjar menambahkan peserta ujian harus siap menggunakan media apa pun dalam mengerjakan soal, karena ujian nasional menggunakan media komputer ini sudah menjadi sebuah keharusan di tengah persaingan teknologi globalisasi, serta juga berguna untuk membangun integritas.

“Komputer sebagai media dalam peradaban saat ini is a must. Jadi sebuah keharusan karena itu kemudahan baru. Di samping, tentu kalau zaman dulu yang manual kan kertasnya sama. Sekarang nggak. Soalnya (ujian) puluhan ribu, diacak dan orang nggak bisa nyontek kiri kanan. Sehingga dibutuhkan kejujuran, dibutuhkan kesiapan individual, sehingga mereka bisa adaptif terhadap soal-soal yang akan dia pelajari,” paparnya.

Sebelumnya, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Tengah Gatot Bambang Hastowo mengatakan jumlah satuan pendidikan SMA di Jateng yang melaksanakan UNBK telah mencapai 82,63%.  Sedangkan untuk  Madrasah Aliah (MA) sebesar 80,73% dan Sekolah Menengah Kejuaruan (SMK) 99,79%.

“Jumlah tersebut melebihi target yang ditetapkan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan yaitu 80%. Biaya pelaksanaan akan lebih irit,” tuturnya. (RS)

 

74
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>