Sebarkan berita ini:

22-truk gandeng1SEMARANG[SemarangPedia] – Semua kendaraan angkutan berat dilarang melintasi wilayah Jawa Tengah mulai H-5 hingga H+3, kecuali angkutan truk sembako, BBM dan barang ekspor, sebagai upaya menghindari terjadinya kemacetan lalu lintas menjelang dan setelah Lebaraan mendatang.

Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Jawa Tengah, Satrio Hidayat mengatakan semua kendaraan truk berat lebih dari dua sumbu baik itu truk trailer, kontainer, tronton, truk gandeng dilarang melintasi wilayah Jawa Tengah pada H -5 hingga H +3.

Truk angkutan, lanjutnya, yang diperbolehkan hanya truk sembako, BBM dan barang ekspor, sedangkan untuk angkutan air mineral tetap tidak tidak diperkenankan melintas, karena melebihi batas muatan.

“Angkutan barang ekspor semua kini sudah didata, dan sudah ditangani oleh Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP). Kapal yang akan berangkat kapan dan distribusi barang dari mana dan mau kemana, sudah diketahui,” ujarnya, di Semaranag, Rabu. (22/6)

Menurutnya, barang ekspor sebaiknya secepatnya diangkut sebelum kebijakan larangan itu diberlakukan, agar mereka tidak terjebak di jalanan karena dihentikan petugas dan lebih baik dikandangkan sementara.

“Truk angkutan barang ekspor yang terjebak di jalan, akan diperintahkan masuk areal parkir yang disediakan, agar tidak mengganggu kendaraan pemudik maupun balik. Bahkan akan diarahkan ke rest area dan areal parkir hingga H +4 mereka baru diperbolehkan kembali jalan,” tuturnya.

Rest area yang disediakan oleh Pemprov Jawa Tengah di antaranya jembatan timbang yang ditutup. Selain pihak TNI AD juga membuka seluruh kantor Dandim sebagai rest area.

Dia mengatakan kebijakan larangan ini sudah mulai disosialisasikan kepada kalangan perusahaan angkutan dan Organda, yang diharapkan mereka dapat mengantisipasi untuk mempercepat atau menunda aktivitas pengiriman barang.

245
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>