Sebarkan berita ini:

12-hujanSEMARANG[SemarangPedia] – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, BMKG Semarang,  memprediksi dalam beberapa hari ke depan masih akan terjadi hujan, karena adanya pusaran angin dari timur,  di Wilayah Negara Australia yang berhembus dengan suhu kering.

Zauyik , Forecaster BMKG Semarang mengatakan angin yang memicu terjadinya hujan di sebagian besar wilayah Indonesia intensitasnya antara sedang hingga tinggi dan berlangsung lama.

Menurutnyaq, sebagian besar wilayah Indonesia khususnya Jawa akan terjadi hujan yang berlangsung antara siang hingga malam hari.

“Memasuki pergantian musim atau pancaroba, kondisi hujan terus menerus hampir setiap hari biasanya jarang terjadi. Namun, pusaran angin timur ini menyebabkan kumpulan udara kering dan penguapan air laut,” ujarnya di Kantor BMKG Jalan Siliwangi, Rabu. ( 12/10)

Masa peralihan musim yang biasanya ditandai dengan angin barat, pada bulan Oktober ini diwarnai dengan pusaran angin dari arah timur. Selain dari Australia, pusaran angin juga terjadi di bagian utara Jawa, bagian barat sumatera, bagian utara Filipina dan laut Cina selatan.

Dia menuturkan untuk wilayah Jawa Tengah, perlu diwaspadai akan adanya bencana, khususnya di daerah Jateng Tengah di antaranya Banjarnegara, Wonosobo dan Purbalingga serta daerah lain rawan bencana. (HN/RS)

98
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>