Sebarkan berita ini:

SEMARANG[SemarangPedia] – Universitas Islam Sultan Agung (Unissula) Semarang meraih predikat perguruan tinggi swasta (PTS) Islam terbaik di Jateng.

Data Kemenristekdikti menyebutkan dalam 100 besar klasterisasi perguruan tinggi nonvokasi 2019, Unissula meraih PTS Islam terbaik di Jateng.

Wakil Rektor I Unissula Semarang Drs Bedjo Santoso MT PhD mengatakan berbagai indikator prestasi penting telah berhasil diraih tahun ini seperti akreditasi institusi A dari BAN PT serta dua prodi yang sudah terakreditasi internasional.

“Target terdekat adalah percepatan akreditasi internasional pada 11 prodi lain,” ujarnya.

Menurutnya, klasterisasi yang dirilis sangat penting untuk dapat dijadikan dasar bagi Kementerian Ristekdikti untuk melakukan pembinaan perguruan tinggi dalam rangka meningkatkan mutu serta kualitas perguruan tinggi di Indonesia.

Selan itu, lanjutnya, juga berguna dalam penyusunan kebijakan untuk meningkatkan kualitas perguruan tinggi serta memberikan informasi kepada masyarakat umum mengenai performa perguruan tinggi di Indonesia.

Penilaian tersebut didasarkan pada berbagai kriteria dan indikator. Kriteria input, indikatornya dosen berpendidikan S3, dosen dalam jabatan lektor kepala dan guru besar, rasio jumlah mahasiswa terhadap dosen, jumlah mahasiswa asing, dan jumlah dosen asing.

Seangkan kriteria output, indikatornya adalah jumlah artikel ilmiah terindeks per dosen, kinerja penelitian, kinerja kemahasiswaan, dan jumlah prodi terakreditasi internasional. Kriteria outcome, indikatornya antara lain kinerja inovasi, lulusan yang memperoleh pekerjaan dalam waktu enam bulan, jumlah sitasi per dosen, jumlah paten per dosen, dan kinerja pengabdian kepada masyarakat.

Dia menuturkan untuk itu Unissula akan terus memotivasi para dosen untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas penelitiannya, penulisan jurnal internasional, serta meningkatkan kualitas berjamaah. (RS)

4
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>