Sebarkan berita ini:

7-senaqm-asingSEMARANG[SemarangPedia] – Belasan mahasiswa asing dari mancanegara mengikuti Senam Islam Nusantara Dihalaman Universitas Islam Wahid Hasyim Semarang, bersama dengan ratusan Mahasiswa dan Dosen salah satu Universitas Islam Wahid Hasyim Semarang, yang digelar, Jumat. (7/10)

Menurut Mudzakir Ali Rektor Universitas Wahid Hasyim, keikutsertaan para mahasiswa asing dari berbagai universitas itu dalam Senam Islam Nusantara, sebagai pengenalan Budaya Bangsa Indonesia,yang dikenal beragam dan memiliki toleransi tinggi.

Senam atau budaya, lanjutnya, tidak boleh lepas dari nilai harus berbasis nilai. Nilai nilai Islam atau dalam budaya atau senam sekalipun harus menunjukan dan tidak bertentangan dengan syariat, di antaranya pakaian harus tertutup, ada gerakan karastik seperti adzan, sholat dan wudhu.

“Kita miliki tanggung jawab moral untuk mensosialisasikan Senam Islam Nusantara” ujarnya.

Mudzakir  menambahkan untuk Senam Islam Nusantara yang diikuti ratusan Mahasiswa itu, selain menyehatkan jasmani dan rohani,  para mahasiswa merupakan garda terdepan dalam perubahan bangsa.

7-siswa-asingSementara itu, Farhana salah satu pelajar asal Afganistan menuturkan senang mengikuti Senam Islam Nusantara dan dinilai senam di Iindonesia ini sangat berbeda dengan di negaranya.

“Di negaranya saat senam para pelajar pria dan wanita dipisah, justru di Indonesia ini menjadi satu dan tidak ada pemisah antara pelajar wanita dan laki laki,” tuturnya.

Senam Islam Nusantara itu mengolaborasi beberapa gerakan senam dengan gerakan shala. secara umum Senam Islam Nusantara (SIN) terbagi menjadi tiga dasar gerakan terdiri pemanasan, inti gerakan senam yang menggabungkan sejumlah gerakan wudlu dan shalat serta gerakan peregangan. (HN/RS)

 

221
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>