Sebarkan berita ini:

29-vaksin Berbahaya1SEMARANG[SemarangPedia]  – Tim media gabungan dari ahli kesehatan mengungkapkan tiga efek berbahaya pada vaksin palsu yang disuntikan pada tubuh manusia, termasuk suntikan pada balita dapat menimbulkan efek-efek tertentu.

Ketua Komda Komite Kejadian Pasca Imunisasi Jateng, Asri Purwanti menyatakan dampak vaksin palsu yang disuntikan orang dewasa dapat bernanah.

“Itu salah satu efek paling berbahaya. Karena jika disuntikan pada tangan bayi atau malah ke orang dewasa itu dampaknya bisa sampai bernanah,” ujarnya, di Semarang, Rabu (29/6).

Efek lain, lanjutnya, vaksin palsu rentan pada tubuh. Misalnya, bila seorang balita divaksin polio yang memakai obat-obatan palsu, maka tubuhnya bisa terinfeksi.

“Anak-anak yang divaksin pakai obat yang palsu itu juga bisa terinfeksi sampai-sampai mempengaruhi kekebalan tubuhnya. Tapi saat ini memang belum ada temuan yang mengarah ke situ,” tutur Asri.

Dia meminta mitra kerja Dinas Kesehatan agar segera instrospeksi hingga dapat menelusuri sejauh mana peredaran vaksin palsu. Bahkan dipastikan pula vaksin palsu tidak beredar di rumah sakit, puskesmas dan rumah bersalin.

“Karena faktanya mengerikan, kok beraninya memalsukan vaksin. Apalagi yang sekarang beredar kemasannya nyaris mirip,” ujarnya.

Menurutnya, potensi vaksin merebak di Jateng, akibat dipicu jumlah populasi penduduknya yang telah membengkak. “Prosentase balita di Jateng yang telah divaksin, kini telah mencapai 80 persen. Dan semoga tidak ada dampaknya,” tuturnya. (RS)

97
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>