Sebarkan berita ini:

6-samsatSEMARANG[SemarangPedia]- Wakil Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko mengapresiasi penandatanganan komitmen layanan Satlantas yang dilakukan oleh seluruh Kasatlantas, menyusul temuan pungutan liar (pungli) oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo di Samsat Kota Magelang, pada Rabu (5/10).

Menurutnya, melalui komitmen tersebut diharapkan ada perbaikan secara langsung maupun tidak langsung dalam pelayanan masyarakat.

“Dampak langsung tentu di berbagai sektor lalu lintas. Dampak tidak langsungnya, secara pelan-pelan akan mengedukasi masyarakat. Ini menginspirasi, bagaimana kita bisa tertib dalam segala sistem,” tuturnya.

Seperti diketahui, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menemukan adanya pungutan liar (pungli) terhadap pelayanan cek fisik kendaraan bermotor oleh petugas kepolisian di Kantor Samsat Kota Magelang, Rabu (5/10).

Di Kantor Samsat tersebut, Ganjar bertanya pada sejumlah warga yang sedang mengantre berapa biaya yang dikeluarkan untuk mengurus pelayanan cek fisik. Tak disangka, seorang warga, Sugiharto (61), menjawab dia harus membayar Rp 50.000u pada seorang petugas.

Gubernur kemudian meminta agar Sugiharto mencari petugas. Seorang petugas yang mengenakan seragam polisi  itu, kemudian mengembalikan uangnya kepada Sugiarto.

Sugiharto mengatakan awalnya dia sedang mengurus cek fisik untuk penggantian plat nomor pada sepeda motornya dan mengaku tahu layanan tersebut tidak dikenakan biaya atau gratis.

“Saya tadi cek fisik kemudian diberi kartu (formulir). Kemudian petugasnya bilang biayanya Rp50.000, tapi tidak ada kuitansinya. Saya tahu kalau gratis, tapi diminta, ya tetap bayar,” tuturnya.(RS)

 

 

41
Sebarkan berita ini:

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>